Pilih Laman
Entrepreneur Week Dorong Kreativitas Bisnis Mahasiswa

6 Juni 2024

Oleh: Admin

Dok: Humas Untar – KJ

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untar menyelenggarakan Entrepreneur Week ke-20 di Emporium Pluit Mall, Kamis (6/6).

Acara berlangsung selama empat hari hingga Minggu (9/6), bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman nyata dalam menghadapi tantangan dunia bisnis.

Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. berharap bahwa acara ini dapat menjadi bukti nyata akan hasil perkuliahan di FEB Untar yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Acara ini menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengekspresikan kemampuannya dalam pembuatan business plan,” ungkap Rektor.

Melalui acara ini, diharapkan mahasiswa bukan hanya mencari pekerjaan, tetapi dapat berkreasi menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Membuka acara, Ketua Program Studi Sarjana Manajemen Bisnis Frangky Selamat, S.E., M.M. mengungkapkan apresiasi terhadap dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam menyukseskan acara ini.

Seluruh dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam Entrepreneur Week ke-20 // Dok: Humas Untar – KJ

“Acara ini merupakan landasan bagi mahasiswa untuk memahami esensi bisnis secara mendalam, bukan hanya sebatas simulasi,” ujar Frangky.

Frangky berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan menjadi bekal bagi mahasiswa untuk terjun ke dunia bisnis yang sesungguhnya.

Salah satu sorotan dari acara ini adalah partisipasi tim mahasiswa yang sebelumnya meraih juara ketiga dalam Eco-preneur Challenge di Franchise & License Expo (FLEI) 22nd Edition.

Gabriel Ervian Hariono, salah satu anggota tim, menjelaskan bahwa ide bisnis mereka yang bernama “Aroguard” merupakan lilin aromaterapi yang juga berfungsi sebagai obat nyamuk. Ide bisnis ini muncul sebagai respons terhadap masalah nyata yang mereka temui.

Tim Aroguard saat menerima penghargaan Juara 3 dalam Eco-preneur Challenge

“Kami percaya bahwa dengan menyediakan produk yang multifungsi, kami dapat membantu konsumen untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan mereka, sekaligus mengurangi penggunaan produk kimia berbahaya,” jelas Gabriel.

Lebih lanjut, Gabriel mengungkapkan bahwa mereka mengimplementasikan nilai-nilai entrepreneurship yang diajarkan di Untar, seperti perencanaan bisnis dan keterampilan pemecahan masalah.

Entrepreneur Week telah menjadi kegiatan rutin FEB Untar sejak 2011. Tahun ini, terdapat 45 tenant yang terlibat yang berasal dari mahasiswa Program Studi Sarjana Manajemen Bisnis, didukung oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Untar.

Selama 13 tahun, acara ini menjadi bagian penting dari kurikulum yang memungkinkan mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di kelas ke dalam pengalaman praktis di dunia nyata. (KJ/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda