Select Page

Sambutan Rektor

Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan

Perkembangan dunia usaha, dunia industri dan tren dalam kehidupan masyarakat global, sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi khususnya dunia digital. Dunia terasa begitu dekat dan menyatu melalui teknologi digital, yang menghasilkan tatanan baru dalam komunikasi antar individu, antar komunitas, antar warga masyarakat dan antar negara. Kondisi ini telah memaksa perguruan tinggi untuk melakukan perubahan-perubahan dalam proses pembelajaran, baik melalui kegiatan akademik dan kegiatan non akademik para dosen dan mahasiswa. Disisi lain, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pendidikan Tinggi, telah meluncurkan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) sebagai salah satu usaha untuk mengantisipasi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri sebagai konsekuensi perkembangan teknologi yang terjadi saat ini.

Universitas Tarumanagara sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang tertua, terbaik dan terbesar di Indonesia, senantiasa berusaha untuk terus mengembangkan diri dan meraih reputasi, baik tingkat nasional maupun internasional. Kami mengembangkan program-program unggulan bagi para mahasiswa yang belajar di Universitas Tarumanagara, secara khusus untuk melaksanakan program MBKM. Universitas Tarumanagara memfokuskan diri pada keunggulan Entrepreneurship, merujuk nilai-nilai utama yang kami kembangkan yaitu Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship (IPE).

Kurikulum di desain dengan mengutamakan keunggulan entrepreneurship, kedalaman materi pembelajaran dengan memperbesar bobot sks mata kuliah keunggulan, studi kasus masalah aktual di dunia bisnis, industri maupun di masyarakat, serta mengembangkan program berbasis rekognisi pembelajaran atau pengalaman lampau (RPL), dan program by research untuk Program S2 dan S3. Program Magang, Pertukaran Mahasiswa dan Dosen dalam dan luar negeri, pembelajaran berbasis project, pembelajaran berbasis teknologi informasi, e-learning, penguatan entrepreneurship mahasiswa dan dosen, suasana akademik yang kondusif, menjadi keunggulan Universitas Tarumanagara.

Kami bangga dapat mempersembahkan yang terbaik bagi seluruh sivitas akademika, para mitra, semua pemangku kepentingan dan bagi nusa dan bangsa Indonesia tercinta. Untar untuk Indonesia.

Rektor,
Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, I.P.U., ASEAN Eng.