Pilih Laman
Untar Jadi PTS dengan Skor SINTA Tertinggi

12 Januari 2024

Oleh: Admin

Untar meraih prestasi sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan skor tertinggi pada Science and Technology Index (SINTA) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Berdasarkan data yang diperoleh dari sinta.kemdikbud.go.id, skor SINTA Untar selama tiga tahun terakhir mencapai 416.987, dengan skor keseluruhan mencapai 498.423. Angka tersebut menempatkan Untar pada posisi puncak di antara PTS lainnya.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. menyampaikan pencapaian ini membuktikan Untar kembali berhasil menunjukkan prestasi dalam kinerja penelitian, pengabdian kepada masyarakat (PKM), dan publikasi. Sebelumnya, Untar kembali masuk di Klaster Mandiri untuk kinerja Penelitian dan PKM, yang diumumkan akhir Desember silam.

“Prestasi ini merupakan hasil dari kontribusi aktif dosen dan mahasiswa Untar, didukung oleh kolaborasi dengan mitra baik dalam maupun luar negeri, yang telah menghasilkan berbagai karya bereputasi,” ungkap Rektor.

Ia juga menekankan pentingnya keterlibatan seluruh dosen dan mahasiswa dalam kegiatan penelitian, PKM, dan publikasi. Sebagai bentuk penghargaan terhadap kinerja dosen dan mahasiswa, Untar memberikan insentif dalam acara Research Week.

Ditambahkannya, hasil yang telah dicapai ini perlu terus dikelola dengan baik. Dikatakannya, Untar telah menyiapkan berbagai program untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian SINTA ini.

“Saat ini kami telah menyiapkan jurnal terakreditasi SINTA dalam berbagai bidang, dalam bentuk seminar internasional, seminar nasional, jurnal internasional, dan berbagai jenis hibah internal yang dapat dimanfaatkan oleh para dosen dan mahasiswa Untar,” pungkasnya.

Secara khusus Rektor menyampaikan apresiasi atas kontribusi seluruh sivitas akademika Untar. Dirinya berharap kontribusi tersebut dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.

SINTA adalah sistem pemeringkatan yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mengevaluasi kinerja dan dampak penelitian ilmiah di berbagai perguruan tinggi. Skor SINTA mencerminkan prestasi akademis suatu perguruan tinggi dalam kontribusinya terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Perolehan skor tertinggi menunjukkan dedikasi tinggi terhadap penelitian berkualitas dan kontribusi signifikan pada tingkat nasional. (KJ/AW/YS/KJ)

 

Baca Berita Terkait

 

Jurnas.com
Untar Tercatat sebagai PTS dengan Skor Sinta Tertinggi

Kampus Republika
15 Universitas Swasta di Indonesia dengan Skor SINTA Tertinggi, Untar, Ubaya, dan Binus Teratas

Media Indonesia
Untar PTS dengan Skor SINTA Tertinggi

Medcom.id
Untar Puncaki Skor SINTA Tertinggi untuk PTS

Jakarta Review
Untar Jadi PTS dengan Skor SINTA Tertinggi dari Kemendikbudristek 

Sindo News
Selamat, Untar Jadi PTS dengan Skor SINTA Tertinggi

Disway.id
10 Kampus Negeri Top di Indonesia versi Jurnal SINTA, Untar PTS Terbaik

Propertynbank.com
Raih Skor SINTA Tertinggi Dari Kemendikbudristek, Untar Ungguli PTS Lain

El John News
Raih Skor Tertinggi Antarkan UNTAR di Posisi Puncak Untuk Science and Technology Index

Mnctrijaya.com
Raih Skor Tertinggi SINTA, Untar Diposisi Puncak Dari PTS Lainnya

RRI.co.id
Raih Skor SINTA Teratas, Untar Duduki Posisi Puncak

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week