Pilih Laman
Tari Tradisional Kolosal Digelar, Peringati Hari Sumpah Pemuda di Untar

30 Oktober 2023

Oleh: Admin Pusat

Sebanyak 100 penari yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan Untar menyemarakkan peringatan hari Sumpah Pemuda dengan membawakan Tarian Saman, Senin (30/10), di halaman Kampus 1 Untar. 

Para penari yang sebagian besar berasal dari Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Psikologi Padmanagara mempersembahkan juga tari Pelasraya dari Kalimantan Timur, Tari Kretek dari Jawa Tengah, Tari Piring dari Minangkabau, dan Tari Kembang Kipas dari Jakarta.

Dimeriahkan lagu daerah oleh UKMF PsychoVoice yang membawa pesan moral membangkitkan kesadaran akan kekayaan budaya Indonesia.

Bertema “Bersama Majukan Indonesia,” upacara versi indoor digelar dengan tidak mengurangi semangat seluruh peserta upacara. Pakaian adat simbol kebhinekaan melatarbelakangi daerah asal mahasiswa Untar yang selalu menjunjung semangat persatuan Indonesia.

Putri Aurel Rizkia A, salah seorang mahasiswa peserta tari kolosal, mengungkapkan kebanggaannya dapat ikut serta memeriahkan acara ini.

“Saya senang dan bangga dapat menjadi salah satu penari dalam acara Sumpah Pemuda. Kegiatan ini tidak hanya menumbuhkan rasa nasionalisme, melainkan juga nilai solidaritas dan kerja sama,” ungkap mahasiswi semester tiga Fakultas Psikologi Untar.

Baginya hari Sumpah Pemuda menjadi simbol penting menegakkan jiwa nasionalisme dalam diri pemuda-pemudi Indonesia.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., A.E. hadir sebagai inspektur upacara mengenakan pakaian tradisional Betawi. Rektor mengajak mahasiswa dan seluruh pemuda-pemudi memiliki semangat juang dan menjadi insan yang berbudi luhur untuk meningkatkan potensi dan kualifikasi, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Ia juga menekankan agar mahasiswa memperoleh pembelajaran yang seimbang, antara akademik dan budaya. Dengan peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap budaya Indonesia, harapannya dapat menjadi pemimpin bangsa masa depan yang tidak melupakan akar budaya mereka.

Peringatan hari Sumpah Pemuda diisi pula dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pemeriksaan kesehatan dan mata. Kegiatan ini dilaksanakan berkolaborasi dengan Kodim 0503/Jakarta Barat, Akademi Refraksi Optisi Gapopin, dan Ikatan Dosen Katolik Indonesia. (SC/YS/AW)

 

Baca Berita Terkait

 

RRI.co.id
Untar Kombinasikan Proses Pembelajaran Dengan Budaya

 

El John News
Peringati Hari Sumpah Pemuda, Untar Gelar Tari Nusantara Libatkan 100 Mahasiswa

 

Media Indonesia
Rektor Untar: Spirit Sumpah Pemuda Tangkal Gempuran Budaya

 

El John Media
Peringati Hari Sumpah Pemuda, Untar Gelar Tari Nusantara Libatkan 100 Mahasiswa

 

Medcom.id
Berpotensi Datangkan Devisa di 2045, Mahasiswa Harus Diajak Lestarikan Budaya

 

Berita Satu
Rektor Untar: Budaya Bakal Jadi Devisa Terbesar Indonesia

 

Gatra.com
Generasi Muda Emban Peran Penting Majukan Budaya

 

Menara62.com
Untar Gelar Tarian Daerah Secara Kolosal dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda

 

Sindo News
Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Untar Dorong Nilai-Nilai Budaya ke Mahasiswa

 

Jurnas.com
Rektor Untar Ajak Mahasiswa Lestarikan Budaya Indonesia

 

Tribun News
Budaya Diprediksi Bakal Datangkan Devisa untuk Indonesia pada 2045

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week