Pilih Laman
TICATE dan TICASH Pertemukan Profesional Mancanegara Berbagi Pengetahuan

6 Oktober 2023

Oleh: Admin Pusat

Untar menyelenggarakan seminar Tarumanagara International Conference on the Application of Technology and Engineering 2023 (TICATE) dan Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences & Humanities 2023 (TICASH), Jumat (6/10) daring melalui Zoom dan Live Streaming di akun Youtube Untar Jakarta.

Acara ini menghadirkan pembicara utama dari Pro-Vice Chancellor of Academic Operations and Dean of Faculty of Health and Life Sciences at INTI International University Prof. Dr. S. Geetha Subramaniam, Director of Entrepreneurship Hub at The Hague Hospitality Business School Prof. Andriew Lim, Assistant Professor in School of Mechanical Engineering at Vellore Institute India Dr. Ayub Ahmed Janvekar, dan Vice President, Market Exploration, Engagement, and Touchpoints (MEET) Multimedia University Malaysia Prof. Ir. Dr. Hairul Azhar Abdul Rasyid, Ph.D.

Sekretaris Program Studi Sarjana Teknik Mesin Didi Widya Utama, S.T., M.T., Ph.D. dalam laporannya berharap acara ini dapat menghasilkan inovasi guna mendukung kesejahteraan masyarakat global, sebagaimana dinyatakan dalam tema konferensi: “Continuous Research In Generating Innovation To Support The Welfare Of Global Society”.

Dikatakannya, TICATE dan TICASH mempertemukan para profesional dari berbagai negara untuk berbagi ide dan bertukar pengetahuan di bidang ilmu sosial, humaniora, teknologi, dan teknik. Konferensi internasional ini juga menjadi platform untuk diskusi dan presentasi internasional tingkat tinggi untuk kemajuan terkini dan penerapan baru di bidang penelitian.

“Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada penulis, presenter, dan profesor dari Indonesia, Malaysia, Jamaika, Filipina, Thailand, AS, dan Taiwan, yang telah berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam konferensi internasional ini,” tambahnya.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., A.E. mengungkapkan konferensi ini merupakan bentuk kontribusi Untar untuk pendidikan dunia, sejalan dengan tema Dies ke-64 Untar: ‘Global Impact through Quality Education”. Untar berupaya menciptakan dampak yang lebih besar terhadap kehidupan manusia secara global melalui pendidikan berkualitas.

“Untar juga terbuka untuk menjalin kerja sama dengan lembaga institusi lain, terutama dengan institusi yang berpartisipasi aktif dalam berbagai bidang antara lain kunjungan akademik, program pengajaran bersama, penelitian bersama, pertukaran materi akademik, pertukaran pelajar, dan lain-lain,” ungkap Rektor.

Pada TICASH Prof. Geetha membahas tentang kemandirian di bidang ekonomi. Pencapaian kemandirian merupakan hal penting bagi negara berkembang untuk mengurangi ketergantungan negara terhadap produk luar negeri, khususnya pangan.

Sementara itu, Prof. Andriew Lim membahas penelitian ilmu terapan sebagai kontribusi terhadap inovasi bisnis.

Lebih lanjut pada TICATE, Dr. Ayub Ahmed Janvekar membahas tentang kemajuan terkini dalam teknologi untuk aplikasi industri rumah tangga, khususnya penggunaan teknologi burner untuk digunakan di dapur.

Selain itu, Prof. Ir. Dr. Hairul Azhar Abdul Rasyid, Ph.D. membahas tentang bagaimana suatu penelitian untuk bisa berdampak, seperti teknologi yang dapat memberikan dampak positif terhadap kehidupan manusia.

Turut hadir dalam acara para ketua lembaga, kepala kantor, dekan, dosen, dan mahasiswa Untar. (DP/AW)

Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024