Pilih Laman
Profesionalisme untuk Proyek Berkualitas Tinggi dan Berkelanjutan

4 Agustus 2023

Oleh: Admin Pusat

Fakultas Teknik (FT) Untar bekerja sama dengan Perkumpulan Tenaga Ahli Konstruksi Indonesia (PERTAHKINDO) menggelar seminar “Peran dan Prospek Tenaga Kerja Konstruksi Nasional yang Profesional dan Inovatif dalam Mendukung Pengembangan Keprofesian Konstruksi Berkelanjutan di Indonesia” di Kampus 1 Untar, Jumat (4/8).

Dekan FT Harto Tanujaya, S.T., M.T., Ph.D. mengatakan seminar diadakan seiring munculnya beragam proyek konstruksi skala besar dan kompleks di seluruh Indonesia. 

Diharapkannya, seminar dapat digunakan praktisi industri untuk terus mengembangkan dan memajukan sumber daya manusia yang terampil dan inovatif. 

Narasumber utama, Koordinator Bidang V Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Kementerian PUPR RI Prof. Dr. Manlian Ronald A. Simanjuntak, S.T., M.T., D.Min., I.P.U., ASEAN Eng., memberikan pemaparan tentang kiat mengarahkan tenaga kerja konstruksi ke arah profesionalisme yang lebih tinggi.

Prof. Simanjuntak menyampaikan bahwa profesionalisme tenaga kerja konstruksi adalah kunci untuk menciptakan proyek-proyek yang berkualitas tinggi dan berkelanjutan. 

“Kita perlu menggabungkan keahlian teknis dengan kemampuan manajerial dan inovasi dalam setiap tahap proyek,” ungkap Prof. Ronald yang merupakan Guru Besar Bidang Manajemen Proyek Konstruksi di Universitas Pelita Harapan (UPH) tersebut.

Ditambahkannya, organisasi industri seperti PERTAHKINDO dan akademisi dari Untar dapat mengambil peran strategis dalam menjawab tantangan dan peluang di dunia tenaga kerja konstruksi melalui pendekatan profesional dan inovatif.

“Dukungan dapat memberikan sumbangsih penting dalam pengembangan tenaga kerja konstruksi yang mampu menjawab tuntutan era pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” pungkasnya.

Acara dihadiri ratusan mahasiswa dan khalayak umum yang hadir secara daring. (SC/AW)

 

Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024