Pilih Laman
Tari Gambyong Sampaikan Pesan Inklusivitas pada Perayaan Imlek Untar

2 Februari 2023

Oleh: Admin Pusat

231

Tahun Baru Imlek Untar dirayakan bersama seluruh sivitas akademika, pada Kamis (2/2) dengan mengangkat tema “Untar untuk Indonesia Bersatu dalam Keberagaman untuk Kesejahteraan Bersama.”

Pesan akulturasi budaya Jawa khususnya Solo dengan Tionghoa tergambar dalam perayaan Imlek kali ini. Penampilan Tari Gambyong Surakarta membawa pesan inklusivitas, dalam keberagaman tetap satu.

Selain itu ditayangkan pula film dokumentasi pendek memperkuat pesan bagaimana budaya Tionghoa berpadu dengan budaya Jawa yang kemudian dapat hidup secara harmonis dalam bingkai Indonesia.

Pada kesempatan ini Guru Besar Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Untar Prof. Dr. Ir. Naniek Widayati Priyomarsono, M.T. menjelaskan bagaimana budaya Tionghoa memberi pengaruh pada gaya arsitektur beberapa bangunan di kota Solo. Hal tersebut dapat dilihat dari langgam yang mengambil ciri Tionghoa pada beberapa bangunan lama yang masih tersisa di kota Solo.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU., AE. mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang terdiri dari suku dan budaya sangat beragam, dan hal ini tumbuh di lingkungan Untar. “Kita sebagai bagian dari masyarakat Indonesia harus menjaga suasana inklusif di kampus agar suasana aman dan nyaman tercipta,” ungkapnya.

Tahun 2023 ini Untar meraih lima bintang dari QS Stars Rating, yang merupakan bintang tertinggi, untuk kategori Inclusiveness. Ini merupakan bukti nyata tanggung jawab Untar kepada masyarakat.

Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H. menjelaskan makna filosofis di balik tahun kelinci air.

“Kelinci merupakan perlambang hewan lemah lembut yang memiliki filosofi sebagai hewan yang memiliki kasih sayang. Kita bisa banyak belajar mengenai kebersamaan, persatuan, dan persahabatan,” ungkapnya.

Perayaan Imlek yang dihadiri jajaran pimpinan Yayasan Tarumanagara, sivitas akademika Untar, para tenan, dan media, menyuguhkan pertunjukan seni Barongsai, serta alunan lagu Sewu Kutho dan Indonesia Pusaka dalam bahasa Mandarin.

Pertunjukan ini ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa sejarah dan kebesaran bangsa ini tak terlepas dari pengaruh berbagai budaya yang ada termasuk budaya Tionghoa. Inilah kekayaan bangsa Indonesia, keberagaman dalam kebersamaan.(SA/YS/AW)

 

Baca Berita Terkait

 

El John News
Untar Angkat Budaya Solo Melalui Perayaan Tahun Baru Imlek 2023

Kompas.com
Tari Gambyong dan Pesan Keberagaman di Perayaan Tahun Baru Imlek Untar

RRI.co.id
Tari Gambyong Sampaikan Pesan Inklusivitas pada Perayaan Imlek Untar

Menara62.com
Pesan Keberagaman Tari Gambyong pada Perayaan Imlek Untar

Jurnas.com
Untar Beri Pesan Inklusivitas Lewat Perayaan Imlek

Media Indonesia
Imlek Diharapkan Jadi Momentum Memperkuat Sikap Saling Berbagi

Sindo News
Perayaan Imlek Untar Hadirkan Tari Gambyong untuk Sampaikan Pesan Inklusivitas

Suara Merdeka
Lewat Perayaan Imlek 2023 Rektor Untar Beri Pesan Penting: QS Rating Untar Bintang Lima untuk Inclusiveness

Medcom.id
Untar Rayakan Imlek, Sampaikan Pesan Inklusivitas Lewat Tari Gambyong

Property n Bank
Untar Sampaikan Pesan Kebersamaan Dalam Perayaan Tahun Baru Imlek 2574

Jakrev.com
Angkat Budaya Solo, Untar Gelar Tari Gambyong pada Perayaan Imlek 2023

El John Media – Youtube
Untar Angkat Budaya Solo Melalui Perayaan Tahun Baru Imlek 2023

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week