Pilih Laman
Tuan Rumah Kompetisi Robot Masa Depan, Untar Dorong Pendidikan Sains Kreatif

23 Januari 2023

Oleh: Admin Pusat

0

Untar menjadi tuan rumah Kompetisi Regional GreenMech & Robot for Mission (R4M) 2023. Kompetisi yang merupakan kolaborasi antara Rumah Edukasi dengan Untar, Universitas Katolik Parahyangan Bandung, dan Perkumpulan Penggiat Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Indonesia ini diselenggarakan di Kampus I Untar, Sabtu (23/1).

Turut hadir dalam acara, Direktur Rumah Edukasi Mulia Anton, Ketua Perkumpulan Penggiat STEM Indonesia Dr. Arif Hidayat, Ph.D., dan Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Ir. Hendarman, M.Sc., Ph.D.

Tujuan dari kompetisi regional yang diikuti oleh 75 tim ini adalah untuk mendorong semangat kreativitas dan kerja sama tim dalam menyelesaikan masalah.

Kompetisi ini dapat menjadi penunjang Program Merdeka Belajar dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia yang berprestasi. Selain itu, kompetisi ini juga bertujuan untuk menginspirasi peserta dalam mendemonstrasikan hasil dari pendidikan sains yang kreatif.

Prinsip saintifik yang digunakan dalam kompetisi mengkombinasikan 5 aspek pembelajaran dan perkembangan yang dikenal dengan istilah STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics). Terdapat 3 tingkat dalam kompetisi, yaitu tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU, AE. saat membuka kegiatan, mengatakan Untar ingin selalu berkontribusi dalam pengembangan teknologi terutama di bidang STEAM, dan berharap dengan kehadiran para siswa di kompetisi ini, dapat membangkitkan semangat kita bersama untuk mengembangkan keilmuan ini.

Sejak tahun 2017, kompetisi ini mulai diadakan di Untar baik kompetisi tingkat Regional maupun Nasional. Tim yang berhasil lolos kompetisi regional akan mengikuti kompetisi nasional yang akan dilaksanakan tanggal 27 Mei 2023 di Jakarta, dan kompetisi internasional yang akan dilaksanakan di Taiwan tanggal 3 Agustus 2023.(EL/YS/AW)

 

Baca Berita Terkait

Kompas.id
Pembelajaran yang Menyenangkan Dapat Membentuk Keterampilan Siswa

Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024