Pilih Laman
Kolaborasi dengan Pemda Bali, Untar Dukung Agenda G20

16 Oktober 2022

Oleh: Admin Pusat

Untar menggelar Wisuda secara luring di Jakarta Convention Center, Sabtu (16/10). Sebanyak 1.534 lulusan mengikuti upacara Wisuda ke-80 yang berasal dari Program Sarjana, Magister, Doktor, dan Profesi.

Pada wisuda bertema “Untar untuk Indonesia: Meningkatkan Kinerja UMKM dan Pariwisata untuk Indonesia Bangkit”, menghadirkan Gubernur Bali Dr. Ir. Wayan Koster, M.M. untuk menyampaikan Orasi Wisuda.

Wujud kolaborasi antara Untar dan pemerintah daerah khususnya Bali bertepatan pula menyukseskan komitmen negara-negara G20 yang bersepakat diantaranya dalam bidang pendidikan yang berkualitas untuk semua.

Kepala Lembaga Layanan Dikti (LLDIKTI) Wilayah III Jakarta, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. menyampaikan rasa bangganya atas berbagai prestasi dan kontribusi Untar dalam menghasilkan SDM unggul Indonesia. “Kami sangat yakin dalam 5 tahun ke depan, Untar akan menjadi universitas terkemuka di Asia Tenggara dan dunia,” tegasnya saat memberi sambutan.

Gubernur Bali dalam orasinya, menyampaikan perihal program pembangunan di provinsi Bali. ERA BARU diwujudkan dengan menata secara fundamental dan komprehensif pembangunan Bali yang mencakup Tiga Aspek Utama yaitu alam Bali, manusia/krama Bali dan kebudayaan Bali.

Disampaikan pula bahwa pandemi Covid-19 menyebabkan pariwisata dan perekonomian Bali sangat terpuruk. Belajar dari peristiwa dan pengalaman tersebut, Pemerintah Provinsi Bali berani melakukan transformasi perekonomian dengan menerapkan arah kebijakan, prinsip, dan pendekatan baru, agar tidak bergantung pada dominasi satu kantung Sektor Pariwisata.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Bali menandatangani MoU dengan Untar sebagai bentuk formal kerjasama pembangunan daerah. Selain itu, penandatangan MoU dilakukan pula dengan SMA Methodist Jakarta, SMA Mardi Yuana Depok, Hotel Ciputra Jakarta, PT. Win Termal Solusindo, PT Superintending Company of Indonesia (SUCOFINDO), Universitas Mercu Buana, PT Sarana Dinamika Jaya (Media Group Network), dan Radio Republik Indonesia Jakarta.

Untar terus konsisten menciptakan lulusan unggul dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia profesional sejak dini melalui program magang, mengajar di sekolah dan lainnya. Hal ini menjadi bagian dari implementasi MBKM yang terus ditanamkan pada mahasiswa.

“Salah satu wujud dari Untar untuk Indonesia adalah kami juga membangun kolaborasi dengan berbagai institusi baik pemda, dunia pendidikan dan bisnis. Hal ini dilaksanakan agar mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan memfasilitasi kegiatan MBKM di Untar,” tegas Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng.

Wisuda ke-80 diselenggarakan secara luring setelah selama dua tahun berjalan secara daring dan hybrid karena pandemi. Sudah menjadi tradisi pada setiap acara wisuda di Untar selalu menampilkan nuansa budaya yang ada di Indonesia dan kali ini menampilkan budaya Bali. -JS/YS-

-AW-