Pilih Laman
Fermanto Lianto Alumni Arsitektur Untar Pertama Sandang Guru Besar

10 November 2023

Oleh: Admin Pusat

Prof. Ar. Dr. Ir. Fermanto Lianto, M.T., IAI menerima Surat Keputusan (SK) Mendibukristek sebagai Guru Besar Fakultas Teknik (FT) Untar. Penyerahan SK dilakukan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDikti III) Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. pada Jumat (10/11) di Gedung LLDikti III, Jakarta.  

Capaian ini menjadikan Prof. Fermanto menjadi alumni Program Studi Sarjana Arsitektur Untar pertama yang memperoleh gelar Guru Besar Bidang Ilmu Arsitektur. 

Prof. Fermanto berharap dapat mengamalkan ilmu arsitektur untuk bangsa dan negara melalui jabatan barunya, sesuai dengan landasan nilai Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship (IPE) yang dianut Untar.  

“Tentunya saya sangat bersyukur kepada Tuhan. Semoga ke depannya dapat terus membangkitkan semangat dan belajar, serta selalu rendah hati,” ucap Prof. Fermanto.

Selain itu, Prof. Fermanto berharap pendirian Program Studi Doktor Ilmu Arsitektur Untar dapat segera terwujud. 

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., A.E. mengatakan capaian ini menjadikan jumlah guru besar yang dicetak Untar di tahun ini menjadi empat. Lebih lanjut, Rektor mengungkapkan jumlah ini masih akan terus bertambah. 

Secara khusus Rektor memberikan apresiasi atas dukungan dan fasilitas yang telah diberikan LLDikti III sehingga Untar dapat kembali mendapatkan guru besar baru. 

Sementara itu, Kepala LLDikti III mengatakan bahwa dengan bertambahnya guru besar kualitas pendidikan akan semakin baik. Diharapkannya, pencapaian guru besar akan terus meningkat. 

Selain Prof. Fermanto, terdapat tujuh guru besar lain yang turut menerima SK. Prof. Fermanto sendiri menjadi Guru Besar ke-78 di wilayah LLDikti III di tahun 2023. 

Gelar Sarjana Arsitektur Prof. Fermanto didapat dari Untar. Prof. Fermanto kemudian melanjutkan kuliah Magister Teknik Sipil dengan konsentrasi Manajemen Konstruksi di FT Untar. Pendidikan Doktor Ilmu Arsitektur dituntaskannya di Universitas Katolik Parahyangan.

Prof. Fermanto juga pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Arsitektur dan Perencanaan FT Untar Periode 2018-2022, serta menyandang gelar Arsitek Profesional dari Ikatan Arsitek Indonesia. (ZR/YS/AW)



Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week