Pilih Laman
Rektor Minta Peserta IISMA Untar Bawa Ilmu Saat Kembali

15 Februari 2023

Oleh: Admin Pusat

Untar menyelenggarakan IISMA Info Session dipandu Kepala Kantor Hubungan Masyarakat Dra. Paula T. Anggarina, M.M. dan diisi pembekalan dari Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M, IPU, AE, Rabu (15/2) secara daring.

IISMA Info Session merupakan acara pembekalan untuk mahasiswa Untar yang akan mengikuti program IISMA.

Rektor Untar mengatakan bahwa melalui Program IISMA, mahasiswa akan memiliki kesempatan pengalaman yang tidak bisa semua orang raih, seperti pengalaman studi ke luar negeri dan mempelajari budaya yang berbeda.

Rektor berpesan kepada calon pendaftar IISMA agar memiliki strategi untuk memilih negara dan perguruan tinggi karena hal tersebut krusial. Selain itu, Rektor juga mengatakan bahwa mahasiswa harus mempersiapkan diri dan merencanakan yang akan dikerjakan saat mengikuti program IISMA, sehingga ilmunya dapat dibawa kembali ke Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan sesi sharing dengan Alumni IISMA, antara lain Kezia Damelia (Universitas Warsawa), Alyssa (Universitas Nasional Singapura), dan Sarah (Universitas Pennsylvania). Mereka mengatakan bahwa ada banyak keterampilan baru yang didapatkan dari program ini. Selain itu, IISMA melatih mereka untuk berpikir kritis.

“Saat kalian kembali ke Indonesia, kalian akan menjadi orang yang lebih toleran dan berpikiran luas,” ujar Alyssa, alumni IISMA 2021.

IISMA sendiri adalah program beasiswa unggulan yang didanai pemerintah, dikelola secara terpusat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek. Program ini mendanai mahasiswa sarjana Indonesia untuk program mobilitas di universitas mitra terkemuka di luar negeri selama satu semester.

Sejumlah mahasiswa Untar telah menjadi penerima Beasiswa IISMA, antara lain Evelyn Hartono (University of Sydney), Andran Liandi (Maastricht University), Jessica Aditya (Korea University), dan Christian Kho (Nanyang Technological University), serta Melinda Yustin (University of Glasgow) yang juga menjadi President IISMA Alumni Club pada 2021. (DW/YS/AW)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week