Pilih Laman
Rektor Dorong Generasi Muda untuk Melayani

14 Januari 2023

Oleh: Admin Pusat

Sabtu (14/1), Rektor Universitas Tarumanagara, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU., ASEAN Eng. sebagai praktisi Pendidikan tinggi, diundang oleh Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) sebagai narasumber kegiatan kaderisasi pratama II bagi mahasiswa di KAJ.

Kaderisasi ini sebagai salah satu upaya KAJ untuk mempersiapkan pemimpin masa depan yang berasal dari kalangan mahasiswa, terutama terkait dengan leadership dan kerelaan untuk terlibat secara aktif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara melalui berbagai jalur pelayanan dan profesi.

Prof. Agustinus memberikan paparan terkait bagaimana generasi muda mau peduli dan rela berbagai sejak dini bagi sesama dalam berbagai bentuk pelayanan. Untuk dapat memberikan pelayanan yang baik, maka generasi muda semestinya memiliki berbagai keunggulan yang diperlukan seperti mampu mengidentifikasi peluang; mampu beradaptasi dengan cepat; mampu memiliki & mempertahankan keunggulan kompetitif (competitive advantage); mampu membedakan diri (value advantage) dan mampu bekerja dengan produktivitas tinggi, kualitas tinggi, biaya rendah.

Kemampuan beradaptasi secara fleksibel ditandai dengan: beradaptasi dengan perubahan tekanan eksternal yang dihadapi; sesuaikan gaya dengan situasi yang berubah, tetap tetap mempunyai values; terima perubahan sebagai hal positif; dan merevisi rencana seperlunya.

Hal terbaik untuk Menghadapi Perubahan: Perkuat literasi IPTEKS; perkuat literasi digital; perkuat literasi komunikasi; perkuat literasi ekonomi dan keuangan digital; akses ke pendidikan dan pelatihan formal, informal, non-formal dan belajar sepanjang hayat. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan diskusi yang menarik terkait berbagai hal yang menyangkut tantangan kehidupan di masa kini dan mendatang, serta bagaimana anak muda dapat menyikapi dengan bijak semua perkembangan yang terjadi di masyarakat. (API) (JS/AW)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week