Pilih Laman
Sertifikasi PII Untuk Dosen di POLMAN

2 Oktober 2022

Oleh: Admin Pusat

Minggu (2/10), Politeknik Manufaktur Bandung (POLMAN Bandung) melaksanakan kegiatan pelatihan bagi dosen yang akan mengikuti kegiatan sertifikasi Insinyur Profesional (SIP) di Persatuan Insinyur Indonesia (PII), di kampus POLMAN Bandung. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan program kerja Polman Bandung dalam rangka meningkatkan kualifikasi dan kompetensi dosen, terutama untuk memperoleh sertifikasi IP.

Rektor Universitas Tarumanagara, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU., ASEAN Eng., yang juga merupakan Ketua Umum Badan Kejuruan Mesin (BKM) PII, menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut. Prof. Agustinus memberikan penjelasan secara lengkap terkait dengan Sistem Sertifikasi Insinyur Profesional PII dan bagaimana pelaksanaan sertifikasi dilaksanakan oleh Majelis Uji Kompetensi (MUK) Badan Kejuruan yang ada di PII.

Setiap kandidat yang akan mengajukan permohonan mendapatkan SIP, perlu melaksanakan kegiatan keinsinyuran yang mengacu pada bakuan kompetensi SIP, dimana terdapat elemen wajib sebanyak 4 elemen W dan elemen pilihan sebagai keunggulan dengan 2 elemen P. Elemen wajib meliputi W.1 Kode Etik Insinyur Indonesia Dan Etika Profesi Keinsinyuran; W.2 Keterampilan Dalam Pekerjaan Keinsinyuran Profesional; W.3 Perencanaan Dan Perancangan Keinsinyuran; W.4 Pengelolaan Pekerjaan Keinsinyuran Dan Kemampuan Komunikasi.

Prof. Agustinus menekankan bahwa untuk mendapatkan W3:  Perencanaan Dan Perancangan Keinsinyuran yang cukup sesuai dengan ketentuan, beberapa saran yang dapat dilaksanakan oleh dosen sebagai berikut Melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat sesuai bidang keilmuan, misalnya sebagai konsultan, engineer, Tenaga Ahli, Implementasi hasil penelitian dalam bentuk teknologi tepat guna (TTG) yang dimanfaatkan oleh masyarakat dan industri; merancang produk manufaktur dan peralatan permesinan sampai menghasilkan minimal prototipe produk atau sampai komersialisasi; penelitian untuk peningkatan kinerja produk atau mesin, yang dilengkapi dengan desain/prototipe produk; dan membangun usaha bidang keteknikan. (API). (JS/AW)

Berita terbaru

Agenda

2 Mei Hardiknas
2 Mei Perayaan Halalbihalal Untar