Pilih Laman
Kolaborasi Untar, Medcom.id, dan 26 Perguruan Tinggi Indonesia dalam Membangun Pendidikan

8 Agustus 2022

Oleh: Admin Pusat

Universitas Tarumanagara (Untar) menjadi tuan rumah Kick Off Online Scholarship Competition (OSC) 2022 yang diprakarsai Medcom.id, Senin (8/8) di Auditorium Kampus I Untar. Beasiswa OSC Medcom.id hadir bersama 27 perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik di Indonesia, dengan 539 beasiswa jenjang S1 sampai dengan lulus senilai lebih dari Rp 45 miliar di tahun ini, menjadi rekor terbanyak jumlah beasiswa S1 yang disediakan oleh Beasiswa OSC bersama mitra kampus selama penyelenggaraan OSC sejak 2015.

Kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia ini diselenggarakan sejak tahun 2015 oleh Surya Edukasi Bangsa Foundation dan situs berita & video Medcom.id yang saat itu diikuti lima Perguruan Tinggi (PT) mitra. Hingga penyelenggaraan OSC ke-8 tahun 2022 ini, jumlah perguruan tinggi yang terlibat termasuk Untar, semakin bertambah menjadi 27 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ditambah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Tujuan program OSC memberikan kemudahan kepada generasi muda Indonesia untuk melanjutkan studi hingga jenjang S1 dan S2 dengan beasiswa universitas favorit di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, I.P.U, M.M., ASEAN, Eng. menyampaikan sukacita dan ucapan terima kasih karena dapat berkontribusi langsung sebagai tuan rumah dan PT mitra pada kegiatan OSC 2022.

Dikatakannya, sebagai salah satu PTS tertua di Indonesia dengan akreditasi Unggul, penyelenggaraan pendidikan di Untar memiliki tantangan tersendiri untuk mewujudkan cita-cita  pendidikan yang bermutu. Walau menghadapi berbagai tantangan, Untar terus berkontribusi positif untuk memberikan dukungan kepada masyarakat, pemerintah, bangsa dan negara.

“Sejak tahun 2019, Untar mendeklarasikan diri melalui tagline Untar Untuk Indonesia, juga menambah beasiswa versi Untar melalui berbagai macam program yang diberikan kepada mahasiswa, melakukan kegiatan membangun kawasan bekerjasama dengan pemerintah daerah, sekolah-sekolah, perguruan tinggi, dunia industri dan mitra-mitra lainnya untuk berbagi membangun negeri,” ujar rektor.

Rektor mengajak semua pimpinan perguruan tinggi untuk turut mendukung kegiatan OSC ini karena memiliki tujuan mulia yaitu memberikan kesempatan kepada generasi muda di Indonesia untuk studi lanjut di pendidikan tinggi.

Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim dalam sambutannya menyatakan kemajuan Indonesia ditentukan oleh SDM yang unggul secara pengetahuan dan kemampuan, tangguh dalam karakter dan kepribadian, serta memiliki keinginan yang kuat untuk berkontribusi dalam kehidupan bangsa. Dalam hal ini PT sebagai jenjang pendidikan yang paling dekat dengan dunia kerja menjadi titik lompatan bagi Indonesia untuk menuju ke masa depan.

“Dengan adanya beasiswa OSC yang diinisiasi oleh Medcom.id, kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang PT semakin terbuka. Dan dengan didukung program-program Kampus Merdeka memberikan kesempatan belajar di luar kampus, lulusan PT akan menjadi generasi unggul yang membawa Indonesia melompat ke masa depan,” tegas Nadiem.

Pemimpin Redaksi Medcom.id Indra Maulana menjelaskan Medcom berkomitmen untuk tidak hanya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui berita, informasi atau kanal pendidikan tetapi juga mendedikasikan kemampuan yang ada dengan terus mengelar OSC serta mengajak lulusan SMA/ SMK sederajat dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi melalui beasiswa OSC.

Ketua Surya Edukasi Bangsa Foundation sekaligus CEO Media Group M. Mirdal Akib turut hadir menyaksikan penandatanganan MOU antara Medcom.id selaku penyelenggara OSC dengan 27 perguruan tinggi peserta dan penyerahan sertifikat kolaborasi kepada mitra.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar