Pilih Laman
Manfaatkan Limbah Sebagai Filter, Sugito Peroleh Gelar Doktor Teknik Sipil Untar

20 Juli 2022

Oleh: Admin Pusat

Sugito memperoleh gelar Doktor Teknik Sipil Untar,  berhasil mempertahankan disertasinya mengenai pemanfaatan limbah cangkang kerang dan limbah kaca sebagai filler pada beton normal dan beton polimer (polymer concrete) dengan curing menggunakan air panas, pada Rabu (20/7). “Beton normal dan polimer dengan penambahan pasir besi, limbah kerang, limbah kaca, dan resin epoxy belum memiliki komposisi campuran yang tepat dan suhu optimum pada proses curing,” jelasnya dalam Ujian Disertasi Terbuka di Kampus I Untar.

“Tujuan penelitian ini adalah memperoleh komposisi campuran untuk mendapatkan beton yang kuat dalam waktu yang tepat dan cepat,” sambungnya.

Dinyatakan lulus oleh Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.M., I.P.U., Asean Eng. dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,97 dan berpredikat sangat memuaskan, Dr. Sugito adalah Doktor ke-57 Prodi Doktor Teknik Sipil Fakultas Teknik Untar.

Dalam kesempatan yang sama, Promotor Utama Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D., menyampaikan pesannya kepada Doktor baru. “Penelitian yang sudah dilakukan dan gelar Doktor yang disandang membawa tanggung jawab tidak mudah. Gelar doktor memiliki beban tanggungjawab untuk selalu menghasilkan karya penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Ujian Disertasi Terbuka dipimpin langsung oleh Rektor,  dihadiri Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D. sebagai promotor utama, Dr. Ir. Hery Riyanto, M.T. sebagai co-promotor, Prof. Dr. Ir. Carunia Mulya Hamid Firdausy M.A. sebagai anggota penguji eksternal, Prof. Ir. Roesdiman Soegiarso, M.Sc., Ph.D. sebagai anggota penguji internal. -SS-

AW-

 

Berita terbaru

Agenda

4 Juli Wisuda ke-77
25 Juni ICMIEE
24 Juni ICMIEE
3 Juni Untar Entrepreneurship Day
3 Juni Untar Entrepreneurship Day