Pilih Laman
Tata Kelola Perguruan Tinggi

16 Mei 2022

Oleh: Admin Pusat

Senin (16/5) Universitas Katolik Musi Caritas (UKMC) menyelenggarakan Workshop Tata kelola Perguruan Tinggi bagi semua Pimpinan mulai dari Rektor sampai Kaprodi di kampus UKMC, Palembang.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan strategi para pimpinan UKMC dalam proses pengelolaan perguruan tinggi, baik dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, maupun dalam pelaksanaan kegiatan dalam rangka meningkatkan akreditasi dan reputasi.

Workshop menghadirkan Praktisi Pendidikan Tinggi yang juga merupakan Rektor Universitas Tarumanagara, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU., ASEAN Eng. Pada kesempatan ini, Prof. Agustinus yang telah berpengalaman sebagai Rektor Untar sejak tahun 2016, memberikan berbagai pemikiran, pengalaman, tips dan strategi dalam mengembangkan perguruan tinggi.

Pengalaman dalam memimpin berbagai kegiatan peningkatan reputasi Untar menjadi bahan diskusi yang sangat menarik. Strategi mencapai akreditasi institusi Unggul, prodi terakreditasi Unggul dan terakreditasi internasional, peningkatan ranking nasional internasional dan berbagai prestasi lain, dipaparkan dalam kegiatan workshop kali ini.

Pengelolaan Perguruan Tinggi berbasis sistem teknologi informasi dan sistem penjaminan mutu internal yang kuat, menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Untar. Rektor menyampaikan pentingnya kolaborasi yang kuat di internal perguruan tinggi yang harus didukung dengan kolaborasi eksternal yang baik, sehingga dapat menghasilkan kinerja perguruan tinggi yang maksimal.

Kegiatan berlangsung dengan baik dan mendapat perhatian dari semua peserta. Berbagai pertanyaan kritis juga diajukan oleh peserta dalam rangka memperdalam pengetahuan terkait tata kelola perguruan tinggi.

Keberhasilan pengelolaan Perguruan Tinggi ditentukan oleh beberapa hal antara lain: komitmen semua pemangku kepentingan: Yayasan, Universitas, Dosen, Karyawan, Mahasiswa; Pemahaman terkait peraturan: Internal dan Eksternal; Keteladanan dari Pimpinan; Kontribusi nyata semua Pemangku Kepentingan; Kemitraan Strategis; Penjaminan Mutu Internal yang kuat; Penjaminan Mutu Eksternal. (API). (JS/AW)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week