Pilih Laman
Tips Pengembangan Karir Dosen

9 Desember 2021

Oleh: Humas UNTAR

Dalam rangka memberikan pemahaman kepada segenap dosen di lingkungan Universitas Katolik Darma Cendika tentang pentingnya pengembangan karir dosen serta persiapan menuju jabatan Lektor Kepala dan Guru besar, Rektor Untar berkesempatan berbagi pengalaman pengembangan karirnya sebagai dosen, pada Kamis (9/12).

“Kegiatan ini  memberikan wawasan dalam perolehan jabatan fungsional tertinggi dengan memberi pencerahan serta kiat-kiatnya dari Rektor Untar, sehingga para dosen dapat mencapai jenjang yang lebih baik lagi kedepannya,” ucap Romo Adrian Adiredjo dalam sambutannya.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN Eng. menyebutkan bahwa yang harus diperhatikan saat ini untuk pengembangan karir dosen adalah karya dosen, “Cendika harus segera berstrategi mengantisipasi untuk dapat mempersiapkan diri dengan baik, berkolaborasi, bekerja sama untuk membuat karya yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Karya yang dihasilkan juga harus mengikuti ketentuan pemerintahan dan memiliki pemikiran bahwa karya tersebut bukan saja untuk kepentingan penilaian individu tetapi juga memberi kontribusi bagi perguruan tinggi sehingga dosen dan universitasnya sama-sama terbangun.”

Beliau juga memberikan kiat-kiat bagi Universitas Cendika agar memiliki konsep dalam pengembangan karir dosen, “Yang pertama ialah pengembangan dosen, kedua Road Map Research, ketiga keteladanan dalam akademik, keempat evaluasi, dan yang terakhir menyiapkan pendanaan.” Tak lupa beliau mengingatkan bahwa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan sesuatu yang tak kalah penting dalam membangun karir dosen. Implementasi MBKM harus dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan akreditasi, peringkat dan penilaian suatu perguruan tinggi, serta sivitas akademika. Track record akan menjadi perhatian dalam sebuah penilaian.

Setelah sesi tanya jawab, dalam mengakhiri pemaparannya, Rektor Untar berpesan bahwa “Suatu konsep mudah diucapkan tetapi sulit dilakukan, penyesuaian diri atau adaptasi menyeluruh itu perlu untuk menghadapi perubahan yang ada. Maka penting bagi dosen dan perguruan tinggi untuk terus maju, kepangkatan dosen menjadi kebutuhan bukan saja bagi dosen secara individu tetapi juga bagi lembaga. Dengan demikian untuk mendapatkan prodi yang terakreditasi, dosennya harus Lektor, Lektor Kepala dan Doktor.” -SA-

-JS-

9 Desember 2021, PKM, KS.