Pilih Laman
Andil Psikolog Bagi Kesehatan Mental Masyarakat

10 September 2021

Oleh: Humas UNTAR

Program Studi Magister Psikologi, Fakultas Psikologi (FPsi) Untar kembali melantik para Psikolog melalui acara Pelantikan ke-30 Profesi Psikolog, Jumat (10/9) secara daring melalui Youtube Untar Jakarta. Rektor Prof. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN Eng. Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Dr. Gunardi, S.H., M.H., Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Dr. Seger Handoyo, Psikolog. Dekan FPsi Dr. Rostiana, M.Si., Psikolog. senat Fakultas Psikologi Untar, pemuka agama, Ikatan Alumni Psikologi Untar, serta keluarga turut menghadiri acara.

Melalui sambutannya, Dekan FPSi Dr. Rostiana, M.Si., Psikolog. menyampaikan bahwa, ”Pandemi bukanlah sebuah alasan seseorang berhenti mengabdi dan berproses, serta membuat seseorang tidak dapat menjalani pendidikan dengan baik. Pandemi memang tidak pasti kapan berakhir, tapi perubahan akan selalu bergerak,” jelasnya.

Rektor Untar Prof. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU turut menyampaikan ucapan selamat dan berpesan bahwa, “Pandemi saat ini merupakan wadah yang sangat baik bagi psikolog baru untuk mempraktekan ilmunya sesuai yang diperlukan oleh masyarakat. Bentuk jati diri psikolog yang berintegritas, profesional dan berjiwa entrepreneurship sesuai nilai yang dikembangkan Untar,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Dr. Gunardi, S.H., M.H., menambahkan, “Sesuai dengan visi Untar yaitu membantu pemerintah mensejahterakan bangsa melalui pendidikan dan kesehatan, diharapkan psikolog baru dapat mempraktekan keterampilannya di masyarakat untuk membantu menangani masalah kesehatan yang ada,” jelasnya.

Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Dr. Seger Handoyo, Psikolog. menyampaikan ucapan selamat kepada calon psikolog dan berpesan bahwa, ”Profesi psikolog adalah profesi yang mulia, ketika seorang psikolog berhasil memecahkan masalah klien, ia tidak hanya membahagiakan klien tersebut, tetapi juga masyarakat di lingkungannya. Jalankanlah profesi ini dengan penuh hormat dan menerapkannya sesuai kaidah-kaidah dan etika psikologi,” pesan Ketua HIMPSI di depan para psikolog yang dilantik.

Perwakilan Psikolog baru, Hilmma Hermawan, M.Psi., Psikolog. menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh dosen Untar yang telah memberikan pelajaran dan pengalaman selama proses pendidikan di Magister Psikologi Profesi. “Suasana pembelajaran sangatlah terbuka untuk diskusi terkait keilmuan maupun kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi bekal yang berharga. Semoga Untar terus melahirkan psikolog dengan penuh integritas, empati, berbudi pekerti luhur dan terus berinovasi sehingga menjadi tempat kuliah yang menyenangkan dan mencetak lulusan yang kompeten dan berkontribusi positif di masyarakat,” ujarnya.

20 Psikolog terlantik pun mengucapkan sumpah profesi psikolog dan pengucapan janji yang disaksikan oleh para pemuka agama. -SS-

-JS-

10 September 2021, PKM, KS.