Pilih Laman
Dies Natalis ke-27 FSRD Untar

19 Agustus 2021

Oleh: Humas UNTAR

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Untar telah mencapai usia yang ke-27 tahun pada tahun 2021 ini. Dalam rangka merayakan Dies Natalis yang ke 27 ini, FSRD Untar mengadakan perayaan secara daring pada Kamis, (19/8) dengan mengangkat tema “Collaboration in Transformation” yang membawa arti bahwa di dalam era yang penuh keterbukaan ini salah satu kunci keberhasilan ada di kolaborasi baik itu antar desain maupun antara desain dan non desain guna menghasilkan karya yang visional, inovatif, fresh dan menginspirasi. Tema yang diangkat ini sangat sejalan dengan FSRD Untar yang menginjak umur ke-27 ini yang terus aktif mencari mitra-mitra baik dari praktisi maupun akademisi sehingga dapat melakukan kolaborasi dan terus bertransformasi ke arah yang lebih baik dan terus aktif berkreasi.

Acara dimulai dengan sambutan dan laporan aktivitas oleh Ketua Panitia Dies Natalis ke-27 Drs. Tri Hadi Wahyudi, M.Sn. Dalam sambutannya beliau menyampaikan laporan bahwa acara ini dibagi menjadi beberapa kegiatan yang melibatkan segenap sivitas akademika di lingkungan fakultas baik di tingkat mahasiswa dan alumni, karyawan, maupun staf pengajar seperti Publikasi Twibbon Dies Natalis, Creative Day dari BEM FSRD yang berisikan pelatihan kreativitas bagi mahasiswa baru, acara Homecoming yang berupa sharing oleh para alumni yang telah berkiprah di dunia industri, “Kami juga menyelenggarakan berbagai kompetisi seperti Kompetisi Foto, Instagram Reels, Lomba Sketsa, dan Lomba Pantun,” ujarnya.

Ketua Panitia juga menyampaikan bahwa kegiatan webinar Dies Natalis FSRD Untar akan diadakan sebanyak dua kali pada bulan September ini, yaitu webinar Desain Interior pada 16 September dengan tema New Design Orientation in Perspective Across Generation Designer dan webinar Desain Komunikasi Visual 23 September dengan tema Tantangan Dunia Pendidikan dalam Era Disrupsi.

Acara dilanjutkan oleh sambutan dari Dekan FSRD Untar yaitu Dr. Kurnia Setiawan S.Sn., M.Hum. dimana beliau menyampaikan di usia FSRD yang sudah dewasa ini beliau mengharapkan bahwa FSRD Untar dan Untar dapat terus maju dan berkembang bagi Indonesia.

Setelahnya Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus mengucapkan selamat bagi FSRD Untar dan menyampaikan bahwa masa pandemi ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan “Di masa pandemi ini, selain menemukan tantangan namun kita juga dapat menemukan peluang yang bisa kita raih untuk terus menghasilkan karya yang bermanfaat,” ujarnya. Beliau juga menyampaikan harapannya agar FSRD Untar dapat terus menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualifikasi tinggi, juga cinta tanah air, bermoral, berbudaya, dan beradab.

Rangkaian acara pun kemudian dilanjutkan dengan pemutaran perjalanan FSRD Untar selama 27 tahun, juga dilanjutkan pemutaran video untuk mengenang para guru maupun rekan kerja yang telah meninggal dunia yaitu Prof. Drs. J Pamudji Suptandar, Dr. Muchyar Sumpena, M.Hum., Dr. Eddy Hadi Waluyo, M.Hum. Drs. Emilius Heri Hermono, M.T., dan dan Bambang Sugiri. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan bagi dosen dan karyawan terbaik, disambung Apresiasi Karya Pameran dan Kompetisi serta Apresiasi Publikasi Buku bagi para dosen dan mahasiswa yang aktif berkarya bagi FSRD Untar. -NR-

-JS-

19 Agustus 2021, PKM, KS.