Pilih Laman
Pentingnya Motivasi Belajar di Masa Pandemi

13 Juli 2021

Oleh: Humas UNTAR

Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat namun setiap aspek kehidupan harus terus berjalan. Salah satunya adalah bidang pendidikan.

Peduli akan pengembangan pembelajaran dan wawasan di sekolah, Untar bersama SMP Tarakanita 2 mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi seluruh siswa dengan tema “Motivasi belajar di Masa Pandemi”, secara daring pada Selasa (13/7).

Mengawali presentasinya, Dosen Fakultas Psikologi Untar Monika, M.Psi., Psikolog menjelaskan bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami apa yang  dirasakan saat ini. “Perasaan itu bukan hanya senang dan sedih, tapi takut, terkejut, penasaran, bingung, bosan, dan lain-lain juga termasuk perasaan yang kita rasakan. Kita perlu memahami perasaan yang dirasakan secara spesifik dan menerima perasaan itu,” jelasnya.

Menurutnya, motivasi adalah proses yang memberi daya dalam bertingkah laku, memberi arahan dalam tindakan, dan mempertahankan tingkah laku tersebut. “Motivasi dapat berasal dari dalam diri (intrinsik) seperti keingintahuan dan kegemaran kita serta dari luar diri (ekstrinsik) seperti tujuan untuk mendapat hadiah dan rasa takut dihukum. Ada 2 hal yang juga seringkali mempengaruhi motivasi kita yaitu menghindari penderitaan dan mendapatkan kebahagiaan,” paparnya.

Dijelaskan pula bahwa kita harus memikirkan dan menentukan tujuan hidup serta fokus dalam membangun motivasi belajar. Beristirahat saat kita merasa lelah adalah hal yang wajar.

“Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga motivasi belajar. Pertama, mengatur tempat belajar yang nyaman dan suasana hati yang rileks. Kedua, membuat jadwal harian dari hal yang terpenting dan konsisten. Memahami gaya dan metode belajar yang sesuai dengan diri kita. Jika menghadapi kesulitan, jangan malu bertanya. Self-reward juga penting untuk memacu semangat dalam belajar dan  teruslah belajar hal-hal baru untuk menambah pengalaman,” ujarnya. -AS-

-JS-

13 Juli 2021, KS, PKM.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar