Pilih Laman
Menghidupi Program Merdeka Belajar di Kampus Merdeka

13 Juli 2021

Oleh: Humas UNTAR

Dalam upaya mendukung pemerintah Indonesia dalam menghadirkan pembelajaran yang otonom dan fleksibel dan mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia luar, Untar menyelenggarakan Seminar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi mahasiswa, pada hari Selasa (13/7). Acara yang mengundang Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan dan Dr. dr. Arlends Chris, S.Ked, M.Si. sebagai narasumber ini dihadiri sekitar 2000 mahasiswa secara daring.

Acara dimulai dengan survey seputar MBKM melalui kuis yang diikuti antusias seluruh mahasiswa, dilanjutkan sambutan Rektor. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dalam kehidupan ini manusia tidak dapat hidup sendiri, membutuhkan orang lain yang memiliki berbagai latar belakang keilmuan.

“Melalui seminar ini diharapkan dapat membuka cakrawala, wawasan keilmuan, dan menumbuhkan rasa peduli kepada sesama. Mari, kita yang hadir dari berbagai latar belakang, mempersiapkan diri menyumbangkan kompetensi bagi kebaikan bersama,” ujar Rektor.

Dalam sesi pemaparannya, dijelaskan bahwa program MBKM terdiri dari Studi Independen, Pertukaran Pelajar, Asisten Pengajar, Riset / Penelitian, Kegiatan Kewirausahaan, dan Proyek Kemanusiaan. “Tujuan dari program MBKM adalah menghadirkan fleksibilitas dalam memperoleh ilmu guna mempersiapkan mahasiswa di masa mendatang,” ujarnya.

Perkenalan koordinator program MBKM di Untar disampaikan oleh Ketua Tim Koordinator Program MBKM Dr. dr. Arlends Chris, S.Ked, M.Si. Tim yang sekaligus bertindak sebagai narasumber kedua. Disampaikan bahwa program MBKM dapat diikuti seluruh mahasiswa dan juga para dosen. Selain program yang disediakan oleh Kemendikbud Ristekdikti, mahasiswa dapat juga mengikuti program ini yang juga  difasilitasi oleh Untar secara mandiri.

Adapun Koordinator Program Mengajar di Sekolah Dr. Dr. Yenita, Koordinator Program Praktik Industri I Wayan Sukania, S.T., M.T., Koordinator Bidang Kerja di Desa Tri Sutrisno, S.SI., M.Sc., Koordinator Bidang Pertukaran Pelajar Dr. Hugeng, Koordinator Bidang Penelitian Dr. Fransisca Iriani Roesmala Dewi, Koordinator Bidang Kewirausahaan Dr. Hetty Tunjungsari, dan Koordinator Bidang Studi / Proyek Independen Dr. Lamto Widodo, dan Koordinator Bidang Kemanusiaan Meiske Y. Suparman, M. Psi., Psikolog. -NR-

-JS-

13 Juli 2021, KS, PKM.

 

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar