Pilih Laman
Kontribusi Dosen dalam Karya Ilmiah

13 Juli 2021

Oleh: Humas UNTAR

 

Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT) 2021 menggelar “Workshop Nasional Reviewer FSTPT 2021” secara online melalui Zoom, Selasa (13/7). Acara yang dihadiri oleh 78 peserta dari kalangan akademisi dan peneliti transportasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ini mengundang Dosen Fakultas Teknik Untar sekaligus Ketua Komite Ilmiah FSTPT Prof. Ir. Leksmono Suryo Putranto, M.T., Ph.D., Dosen Universitas Katolik Parahyangan sekaligus Wakil Ketua Komite Ilmiah FSTPT Ir. Anastasia Caroline Sutandi, M.T., Ph.D., Dosen Universitas Diponegoro sekaligus Ketua Komite Website /CMS & Publikasi FSTPT Bagus Hario Setiadji, S.T., M.T., Ph.D. serta Dosen Universitas Islam Indonesia yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Website/CMS & Publikasi FSTPT Ir. Berlian Kushari S.T., M.T., Ph.D. Workshop Nasional Reviewer FSTPT 2021 merupakan kegiatan rutin yang dimulai dari tahun lalu. Tujuannya kegiatan ini adalah menyamakan persepsi sesama reviewer di komite ilmiah FSPTP yang akan ditugaskan dalam dalam mereview artikel ilmiah di bidang transportasi.

Dijelaskan oleh  Ir. Leksmono Suryo Putranto M.T., Ph.D. bahwa ada 4 aspek yang dinilai dalam pertemuan ilmiah FSTPT, antara lain: Relevance and Timeliness, Technical Content, Novelty and Originality, Quality of The Presentation, saat menyampaikan topik “Pertemuan Ilmiah Forum Studi Transportasi  Antar Perguruan Tinggi”. Disampaikannya pula bahwa teknik review publikasi ilmiah membutuhkan prosedur review yang benar seperti, pemeriksaan plagiarisme, pemeriksaan bahasa dan unsur kalimat.

Ir. Anastasia Caroline Sutandi, M.T., Ph.D. menyampaikan terkait syarat menjadi reviewer, komitmen serta mengambil kebijakan sebagai reviewer. Setelah ke 4 narasumber menyampaikan materinya, dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi antara peserta workshop dan narasumber yang dipandu Dr. Ir. Qadriathi Dg Bau, S.T., M.Si., M.Pd. selaku moderator.

Melalui kegiatan ini, Untar secara konsisten dan berperan aktif dalam kegiatan organisasi ilmiah dengan keterlibatan dosen baik menjadi pengurus dan reviewer. Diharapkan hal tersebut terjadi transfer ilmu untuk peserta workshop pada khususnya serta akademisi pada umumnya. Kedepannya hal tersebut mampu untuk membangun SDM yang unggul untuk kemajuan bangsa dan negara di masa mendatang. -TR-

-JS-

13 Juli 2021, KS, PKM.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar