Pilih Laman
Tips Beradaptasi Sebagai Mahasiswa Baru

5 Juli 2021

Oleh: Admin Pusat

Memasuki kehidupan perkuliahan tidaklah mudah, ada banyak proses adaptasi yang harus dilakukan agar kegiatan belajar di kampus berjalan lebih baik dan seseorang mahasiswa baru dapat berkembang. Masa kuliah tidak lagi sama seperti SMA, sehingga memiliki beberapa sikap di bawah ini akan sangat membantu proses adaptasi tersebut.

Mandiri

Dengan sikap ini, seseorang dapat merasa lebih percaya diri, mampu menyelesaikan masalah, dan lebih inisiatif dalam kehidupan perkuliahannya, sehingga mahasiswa tersebut dapat bertahan saat menjalani lembar kehidupannya yang baru.

Aktif dan Terbuka

Seorang mahasiswa harus lebih inisiatif dalam mencari berbagai informasi penting yang ia butuhkan. Hal ini didapatkan melalui komunikasi dan menghargai seluruh kritik yang ia terima baik dalam proses pembelajaran maupun pertemanan.

Manajemen Waktu

Banyak mahasiswa yang belum memiliki manajemen waktu yang baik saat memasuki dunia perkuliahan. Padahal, dengan membagi waktu untuk setiap kegiatannya, dapat sangat membantu ia menyelesaikan seluruh tugas perkuliahan dan aktivitas di luar itu.

Berpikir Kritis

Dilansir dari merdeka.com, berpikir kritis seringkali disalahartikan sebagai kritik, tetapi lebih berfokus pada kemampuan untuk mengikuti langkah-langkah logis dan sampai pada kesimpulan yang tegas dan tepat. Kemampuan ini dapat dilatih dengan cara banyak bertanya, mendengarkan secara aktif, dan jangan menelan informasi dengan mentah-mentah tanpa mengkonfirmasi kebenarannya. (CA)

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar