Pilih Laman
Pancasila sebagai Spirit Perdamaian Dunia

1 Juni 2021

Oleh: Humas UNTAR

Dalam rangka memperingati 76 tahun lahirnya Pancasila, Forum Pancasila Rumah Kita menyelenggarakan Webinar serta Doa Lintas Iman untuk Kemanusiaan dan Perdamaian Dunia, Selasa (1/6). Webinar ini mengundang Ketua Umum ICRP Prof. Dr. Siti Musdah Mulia, M.A., Rektor Untar Prof. Dr. Ir Agustinus Purna Irawan sebagai narasumber dan Alexander Aur, S.S., M.Hum. sebagai moderator.

Ketua Forum Pancasila Rumah Kita, Bondan Wicaksono melalui kata sambutannya menyampaikan bahwa perayaan 76 tahun Pancasila ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya karena begitu banyak tantangan yang harus dihadapi kedepannya. “Tantangan yang dihadapi  dalam implementasi Pancasila tidak semakin ringan dengan adanya modernisasi dan interaksi yang tidak selalu melibatkan kebersamaan. Pandangan ini harus diperhatikan karena dapat menimbulkan rivalitas nilai dan ideologi,” katanya. Ia juga menambahkan bahwa perlu ada terobosan bagaimana Pancasila dapat menjadi adaptif agar menyatukan sekat-sekat bangsa yang sedang terjadi.

Prof. Dr. Hj. Siti Musdah Mulia, M.A. memaparkan bahwa, “Pancasila merupakan dasar dan falsafah negara. Jika m mengaku bahwa kita adalah warga negara Indonesia, maka kita harus melihat dasar yang sudah dibangun dengan tidak lagi mengidolakan dasar negara lain,” ucapnya. Ia juga menekankan kepada masyarakat, jika Bhinneka Tunggal Ika mengedepankan toleransi, janganlah diam jika ada yang mencederai Pancasila, tetapi harus berani bicara.

Rektor Untar turut menjelaskan mengenai bagaimana proses Pancasila dalam dunia pendidikan hingga menjadi spirit bangsa. “Pancasila harus dipelajari, didiskusikan, digali, diresapi, direnungkan, dan diimplementasikan secara nyata. Ini merupakan gerakan yang harus dilakukan bersama, sehingga Pancasila bisa kita jiwai dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita membangun kesadaran bersama karena Pancasila merupakan kepribadian, sumber dari segala sumber hukum, perjanjian luhur bangsa, pandangan hidup, cita-cita, tujuan, asas kehidupan dan modal dalam pembangunan bangsa,” paparnya.

Olivia Zalianty yang merupakan aktris, menjadi inspirator sebagai narasumber memberikan pesan bagi generasi milenial, “Pancasila hadir untuk membentuk karakter dan mental yang bermoral, bukan hanya dihafal. Pancasila melalui pidato Bung Karno digali bukan hanya untuk Indonesia tetapi bagaimana untuk dunia.” Tidak lupa ia juga mengingatkan masyarakat bahwa penyebab revolusi dunia ada 3 ruang yang paling rawan yakni perkembangan, pengetahuan manusia, serta sifat manusiawinya sehingga Pancasila dibutuhkan. -SA-

-JS-

1 Juni 2021, PKM, KS.

 

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar