Pilih Laman
Kampus Merdeka yang Memerdekakan Pendidikan

19 Mei 2021

Oleh: Humas UNTAR

Untar bersama Ikatan Dosen Katolik Indonesia (IKDKI) bekerja sama menyelenggarakan Bedah Buku “Pendidikan yang Memerdekakan” karya Francis Wahono yang dilaksanakan secara daring, Rabu (19/5).
Acara ini menghadirkan para penanggap seperti Rektor Untar, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, Prof. Dr. BS. Mardiatmaja, S.J., dan Rm. Ignatius Swasono, S.J. yang memberikan masukan bagi dosen-dosen di universitas.

Rektor Untar berpesan agar setiap perguruan tinggi dapat bergerak maju melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, “Sebagai dosen harus terlibat dan berkontribusi dalam program ini, karenanya dosen perlu aktif membantu perguruan tinggi masing-masing bergerak maju membentuk generasi selanjutnya,” tutur Rektor.


Dalam kesempatan ini, Francis Wahono menyampaikan bahwa ada tiga dosa dalam dunia pendidikan yang kerap dilakukan. “Tiga dosa pendidikan yang utama adalah intoleransi, bullying, dan kekerasan seksual. Ketiga hal tersebut harus dicermati agar murid tidak rentan karena pendidikan bebas yang salah, dapat menghasilkan individu yang tidak berkompetensi dan tidak beretika. Dikatakannya juga bahwa pendidikan membutuhkan segenap komponen bangsa, “Semua harus berkolaborasi, berdialektika, berkeadilan dan memiliki kesadaran lingkungan sehingga dapat berproses menjadi lebih baik serta menjunjung nilai Bhinneka.”
Menanggapi pernyataan Francis Wahono, Rektor Untar menuturkan bahwa Merdeka Belajar Kampus Merdeka bukan seutuhnya bebas melakukan apapun yang masing-masing individu inginkan. “Sebagai pengelola perguruan tinggi, merdeka yang seutuhnya sulit untuk dikendalikan, makanya tetap butuh batasan-batasan dalam pengelolaan. Merdeka disini artinya sebagai individu bebas memerdekakan diri untuk memilih pendidikan yang diinginkan, mereka harus sadar tetapi tetap ada koridor yang membatasi,” tuturnya. -SA-

-JS-

19 Mei 2021, PKM, KS.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar