Pilih Laman
Menerapkan Nilai-nilai Positif dalam Pengembangan Mahasiswa

6 Mei 2021

Oleh: Humas UNTAR

Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) JABODETABEK menyelenggarakan seminar dengan judul “Nilai-nilai Katolik dalam Pendidikan untuk Mewarnai Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka” pada Kamis (6/5). Seminar yang diselenggarakan secara daring, mengundang Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan (Prof. API) sebagai pembicara dan dimoderatori Ketua DPC ISKA Jakarta Selatan Bapak Gerlachus Sri Mulyono.

Dalam sambutannya, Rektor Untar menyampaikan bahwa universitas perlu menciptakan lulusan pendidikan tinggi yang memiliki knowledge, skill, dan attitude. “Di sisi attitude inilah nilai-nilai cinta kasih, pelayanan, kerendahan hati, dan lainnya dapat diajarkan. Memang tidak mudah, tapi dapat dilakukan,” ujar Rektor.

Melanjutkan sesinya, Prof. API mengatakan bahwa pendidikan tinggi perlu menjalin kolaborasi dengan para pemangku kepentingan dalam menciptakan lulusan yang handal secara kognitif, psikomotorik dan afektif. “Melalui strategi pentahelix kita bisa berstrategi dan berkolaborasi dengan calon mahasiswa, orang tua mahasiswa, prodi/asosiasi prodi, asosiasi profesi, pemerintah, dunia usaha, industri-industri, masyarakat umum, hingga media massa,” papar Rektor.

Menjawab pertanyaan tentang manfaat keterlibatan ISKA dalam pendidikan tinggi, maka mahasiswa perlu disapa dan didukung untuk maju menjadi pemimpin masa depan, “Jangan biarkan mahasiswa merasa gersang akibat tidak mudah menemukan mitra katolik yang dapat menjadi partner dalam pengembangan diri karena tantangan yang dihadapi untuk bertahan dalam nilai-nilai kekatolikan tidaklah mudah. Oleh karenanya, gereja perlu berperan, komunitas perlu ambil bagian, organisasi profesi seperti ISKA perlu menjadi mitra, individu dan keluarga perlu rela berbagi. Hal ini bertujuan untuk membentuk mahasiswa memiliki spiritualitas, moralitas, dan intelektualitas tinggi,” tambah Prof. API.

Prof. API melanjutkan pembahasan dengan memaparkan usulan kepada ISKA dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan harapan untuk terus aktif mempersiapkan calon anggota yang berintegritas dan profesional dalam semangat injili. Beliau juga turut memberikan pembekalan kepada peserta seminar tentang kebiasaan kecil yang dapat berdampak besar bagi pembelajaran yaitu kelembutan, kegembiraan, ketangguhan, daya juang, dan mentalitas positif meneladani Tuhan sebagai guru. Rangkaian acara disambung dengan sesi tanya jawab, sesi sharing dan sesi diskusi bersama para peserta seminar. -NR-

-JS-

6 Mei 2021, PKM, KS.


Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar