Pilih Laman
Kaderisasi Pemuda untuk Menjadi Pemimpin

23 April 2021

Oleh: Humas UNTAR

Pemuda Katolik menyelenggarakan Kursus Kepemimpinan Lanjut (KKL) Tingkat Nasional dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II yang mengangkat tema “Pemuda Katolik Unggul Menuju Indonesia Maju”serial ke-3 dengan tema“Change Management Organisasi dan Perencanaan Strategi/Action Plan” secara daring, pada Jumat (23/4). Pelatihan ini menghadirkan Jend. TNI Wiranto (Ketua Wantimpres) sebagai Keynote Speaker, serta Ignasius Jonan, Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D. dan Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan sebagai narasumber.

“KKL dilakukan sebagai kewajiban organisasi dalam melaksanakan dan merealisasikan kaderisasi setiap jenjang formal organisasi untuk mendidik dan melatih setiap kader Pemuda Katolik. Para kader diharapkan berkualitas, dapat berdaya saing dan berkesinambungan untuk menjawab berbagai tantangan dan kebutuhan di tengah masyarakat dan bangsa,” ujar Bondan Wicaksono, Ketua Pengarah dan Pelaksana KKL serta Rapimnas II.

Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A.. Ph.D. menyampaikan kepada seluruh peserta yang hadir, “Dengan menjadi pelayan terlebih dahulu dan berani keluar dari zona nyaman adalah langkah awal menjadi pemimpin yang siap dan berani membawa perubahan. Selalu mengandalkan Tuhan dan doa di dalam setiap pekerjaan, tetap bergerak di dalam setiap usaha Ora et Labora!” serunya.

Dalam memimpin, mungkin kita akan dihadapkan pada banyak tantangan diantaranya  generasi sekarang ini. Oleh karenanya Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menambahkan, “Sebagai pemimpin, membutuhkan yang namanya prinsip. Seorang pemimpin siapapun dia, berapapun usianya, harus memiliki strategi untuk mencapai tujuan organisasi. Pemimpin harus memiliki wawasan luas. Menjadi pemimpin artinya menjadi teladan dan harus lebih banyak melakukan pelayanan kepada sesama serta wajib memiliki jawaban atas setiap pertanyaan yang disampaikan,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, setiap pemuda Katolik yang sudah dipersiapkan menjadi calon pemimpin, atau sudah menjadi pemimpin dapat mengingat serta menerapkan apa yang sudah disampaikan melalui kehidupan sehari-hari. Tetap semangat menjalani tugas pelayanan walaupun banyak tantangan dan harus menjadi teladan bagi setiap orang. -SA-

-JS-

23 April 2021, PKM, KS.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar