Pilih Laman
Mengenal Mendeley dan Website Penyedia Referensi

4 Maret 2021

Oleh: Admin Pusat

Karya ilmiah tidak dapat terlepaskan dari dunia pendidikan. Dalam praktiknya, mahasiswa masih kesulitan untuk menyusun referensi karya ilmiah, terlebih ketika masa pandemi di mana perpustakaan universitas tidak dibuka. Dalam penulisan karya ilmiah, terkadang ada yang terlewat atau harus menulis satu per satu referensi sehingga dapat menghambat efektivitasnya.

Pada 4 Maret 2021, Fikom Untar mengadakan Workshop Referensi dan Mendeley yang ditujukan bagi mahasiswa yang sedang menyusun laporan kegiatan magang dan skripsi. “Referensi itu memberikan pandangan baru terhadap konsep yang diketahui, selain itu juga dapat memperkuat argumen peneliti. Ada banyak website yang menawarkan kemudahan dalam pencarian referensi, seperti Google Scholar, Portal Garuda, Indonesia One Search, dan lainnya,” kata Sinta Paramita, S.I.P., M.A., Kaprodi Fikom Untar.

“Dengan Mendeley, penulisan referensi yang salah dan tidak sesuai dapat dihindari. Sebenarnya tidak perlu berpikir rumit, karena Mendeley mempermudah kalian. Anggap saja sebagai media sosial, tapi ini media sosial baru khusus para akademisi,” kata Wulan Purnama Sari, S.I.Kom., M.Si., Dosen Fikom Untar yang menjadi pembicara dalam kegiatan workshop ini.

Dengan diadakannya workshop ini, diharapkan akan memperkaya pengetahuan, dan mempermudah proses penulisan laporan magang serta skripsi para mahasiswa Fikom Untar. (CA)