Pilih Laman
Inovasi dalam Pengelolaan Laman Website

4 Maret 2021

Oleh: Humas UNTAR

Humas Untar menyelenggarakan acara sharing mengenai “Optimalisasi Pengelolaan Website untuk Pemeringkatan Webometrics dan 4ICU” bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) secara daring, Kamis (4/3). Menghadirkan Direktur Sistem dan Sumber Data UGM Widyawan, M.Sc., Ph.D. serta Kepala Humas UGM Dr. Iva Ariani, S.S., M.Hum., berbagi strategi kepada para pimpinan universitas dan fakultas untuk menularkan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana meningkatkan pengelolaan dan peringkat laman website universitas dalam pemeringkatan versi Webometrics dan 4ICU.

Melalui sambutannya, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menyampaikan bahwa acara ini merupakan salah satu kesempatan yang bagus untuk belajar dari UGM tentang mengelola laman website  yang baik, karena UGM menyandang peringkat satu secara nasional. “Kita ingin mendengarkan masukan dan sharing terkait strategi untuk meningkatkan peringkat webometrics dan 4 International Colleges and Universities (4ICU). Untar harus terus  berjuang memperbaiki diri, meningkatkan peringkatnya dengan berbagai macam aktivitas yang dilakukan. Saya kira akan jauh lebih baik, jika kami dapat belajar secara langsung kepada UGM yang menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia, Asia, dan nanti akan menjadi salah satu terbaik di dunia,” ujarnya.

Pada presentasinya, Widyawan, M.Sc., Ph.D. memaparkan bahwa ada beberapa hal yang menjadi poin penting dalam meningkatkan kualitas dan pengelolaan laman website. “Kualitas dan volume website itu penting, karena banyak website yang bagus dari penggunaan bahasa asing dan substansi yang mendorong orang-orang untuk datang ke laman kita. Strategi peningkatannya adalah berfokus pada kriteria yang berbobot tinggi, salah satunya visibility, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Bekerja bersama lintas direktorat, unit, dan stakeholder, serta memberdayakan fakultas, dosen, dan mahasiswa dalam kegiatan menulis. Yang terakhir ialah Information Technology atau teknologi yang ada harus excellence,” paparnya.

Dr. Iva Ariani juga menyampaikan bahwa isi dari lawan web yang menarik dan informatif menjadi tanggung jawab dari humas. “Tugas kita sebagai humas adalah menyajikan dan menyampaikan seperti apa dan bagaimana universitas kita, dan membuat komunikasi yang ada menjadi mudah diterima oleh stakeholder dan konsumen yang ingin mencari tau tentang universitas kita. Selain menyajikan, humas juga bertanggung jawab meningkatkan visibilitas. Caranya adalah dengan mengelola setiap konten yang ada, agar banyak orang yang datang dan merujuk informasi-informasi universitas kita. Contohnya konten atau informasi yang bersifat dinamis seperti penelitian, prestasi, inovasi dan pengabdian masyarakat harus dikelola dengan baik. Tujuannya agar menarik dan dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat, baik bagi masyarakat nasional maupun internasional,” ujarnya. -AS-

-JS-

4 Maret 2021, KS, PKM.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar