Pilih Laman
Tips Mengurangi Stress selama WFH

27 Februari 2021

Oleh: Admin Pusat

Work from Home (WFH) atau bekerja dari rumah memang memberikan banyak orang fleksibilitas dalam bekerja. Walaupun begitu, melakukan WFH tidak membuat pekerjanya terhindar dari stress. Bahkan, berdasarkan hasil survei PPM Manajemen diketahui bahwa 80 persen pekerja mengalami gejala stress selama masa pandemi Covid-19.

Lalu, bagaimana cara mengurangi stres selama WFH? Yuk, simak tips-tips berikut.

Pertegas Manajemen Waktu

Bekerja di rumah memberikan banyak orang kebebasan dalam memulai dan mengakhiri pekerjaan. Sayangnya, hal tersebut menyebabkan batasan antara waktu bekerja dan waktu istirahat menjadi kabur. Berikanlah batasan yang tegas antara kedua waktu tersebut. Hal ini dapat mencegah kalian dari overworking.

Jaga Kesehatan

Tubuh yang tidak sehat dapat menyebabkan stress. Maka dari itu, hindari konsumsi junk food dan perbanyaklah konsumsi vitamin serta makan makanan bergizi seimbang. Jangan lupa untuk melakukan olahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Jaga Komunikasi dengan Kerabat

WFH di tengah pandemi dapat menyebabkan timbulnya perasaan kesepian karena tidak dapat bertemu dengan orang lain. Luangkan waktu anda untuk menghubungi orang-orang tersayang melalui telepon atau video call setidaknya satu atau dua kali dalam seminggu.

Me-Time

Alih-alih mendapatkan inspirasi, otak justru dapat menjadi stress apabila terus menerus dipaksa untuk bekerja tanpa istirahat. Luangkan waktu sejenak untuk me-time. Seperti, melakukan hobi anda, mencoba hal-hal baru, ataupun membaca buku.

Istirahat yang Cukup

Kurang tidur dapat mempengaruhi kondisi mental dan emosional manusia. Anda juga akan lebih rentan dengan mood swing dan emosi negatif lainnya. Selain itu, kreativitas dan proses pengambilan keputusan Anda juga bisa terganggu. Waktu ideal untuk beristirahat adalah 7-8 jam sehari.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar