Pilih Laman
Presentasi yang Disukai Dosen, Bagaimana Caranya?

5 Januari 2021

Oleh: Admin Pusat

Sebagai mahasiswa ilmu komunikasi, melakukan presentasi merupakan kemampuan yang harus dikuasai. Presentasi tidak hanya sekedar membaca teks pada slide presentasi di depan dosen dan mahasiswa lainnya. Agar dapat melakukan presentasi yang menarik, melalui akun Instagram PRO Fikom Untar (@pro_fikomuntar), ada beberapa tips presentasi yang disenangi dosen. Berikut tips-nya!

Pelajari Materi sebelum Presentasi

Agar presentasimu disukai dosen, hal wajib yang harus kamu lakukan adalah memahami setiap materi presentasi yang disampaikan. Dengan memahaminya, setiap materi yang akan disampaikan akan mengalir dengan baik ketika presentasi di depan dosen dan mahasiswa lainnya.

Taruh Poin Penting di Slide Presentasi

Agar slide presentasi tidak terlalu panjang dan berlembar-lembar, lebih baik cukup tambahkan poin-poin penting di slide presentasi dan jelaskan kembali secara detail pada saat presentasi, tetapi jangan bertele-tele ya!

Berinteraksi dengan Audiens

Agar tidak terkesan kaku dan mononton selama presentasi, jangan terus-menerus terpaku pada slide presentasi saja, kamu juga bisa melakukan interaksi secara aktif dengan mahasiswa lainnya dengan memberi pertanyaan sederhana. Hindari pertanyaan yang terlalu banyak dan sulit dijawab.

Percaya Diri

Maksimalkan presentasimu dengan latihan sungguh-sungguh sehingga kamu dapat membawakan presentasi dengan percaya diri. Bila kamu percaya diri, dosen dan mahasiswa lainnya juga akan merasa yakin dan tertarik untuk memperhatikan setiap penjelasanmu.

Setelah membaca artikel ini, mulailah bertekad untuk latihan dengan baik agar presentasimu tidak hanyak disukai oleh dosenmu, namun juga dapat melatih dirimu menjadi lebih siap untuk memasukki dunia pekerjaan kelak. Practice makes perfect! (VY)

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM