Pilih Laman
Kuliah Umum: Public Speaking Online Bersama Sheila Purnama

9 Desember 2020

Oleh: Admin Pusat

Berdiam diri di rumah dan melakukan percakapan melaluionlinesering menimbulkan pandangan bahwa public speaking tidak dapat diasah. Melihat hal ini, Fikom Untar mengadakan Kuliah Umum tentang Public Speaking Online pada 8 Desember 2020 yang diadakan khusus untuk mahasiswa angkatan 2020. Mengundang Sheila Purnama, Presenter TV Indosiar sebagai pembicara utama, beberapa materi dibagikan dan praktik juga dilakukan serta dinilai secara langsung oleh beliau.

Gak bisa ditentang bahwa anak komunikasi itu dapat masuk ke semua lini pekerjaan. Berbicara soal public speaking, banyak dari kalian yang mempraktikkannya tanpa disadari,” kata Sheila Purnama.

Public speaking adalah ilmu yang berkembang. Jadi tidak ada ilmu pakem soal teknis public speaking sejalan penerapannya. Tetapi selama kita gak mencoba, tantangan yang dirasakan pasti tidak dapat diselesaikan. Kemampuan berbicara dengan teman misalnya, itu kan karena sudah terbiasa,” lanjutnya.

“Semakin punya banyak pengalaman, pastinya kita mempunyai sensedalam gaya penyampaian. Tetapi pada saat melakukan public speaking secara online, kendala teknis lebih sering terjadi. Kalau melalui online, bisa menjadi bahan latihan karena pada dasarnya public speaking berfungsi untuk menyampaikan informasi,” tutupnya. (CA)

Melalui Kuliah Umum yang dilakukan secara daring ini diharapkan seluruh peserta, yakni mahasiswa Fikom Untar dapat mempelajari bagaimana berbicara di depan khalayak banyak dengan lebih baik, apalagi selama masa yang hampir segala sesuatunya dilakukan melalui jaringan online.