Pilih Laman
Tips dan Trik Belajar Online dari PRO

1 November 2020

Oleh: Admin Pusat

  

 

Kondisi pandemi di Indonesia yang relatif masih belum kondusif membuat proses pembelajaran mau tidak mau bergeser ke media online. Interaksi antara dosen dan mahasiswa dibatasi hanya melalui layar kaca komputer, tablet, ataupun smartphone. Tidak hanya di Indonesia, berdasarkan laporan yang dirilis oleh UNICEF (United Nations Children’s Fund) yang berada di bawah naungan badan PBB, diperkirakan terdapat 463 juta anak yang mengalami kesulitan mengikuti pembelajaran via daring (online). Mayoritas penyebabnya tidak memiliki perangkat eletronik yang memadai sampai kesulitan akses internet.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah, setidaknya proses pembelajaran lebih dimudahkan karena adanya bantuan kuota internet dan bantuan lainnya. Sisanya, bergantung pada permasalahan internal para murid-mahasiswa Indonesia. UKMF PRO (Public Relations Organization) Untar berbagai tips dan trik berkuliah online melalui Jackson dan Tasya yang merupakan anggota organisasi ini.

1. Pilih tempat belajar yang nyaman
Menciptakan suasana yang menyenangkan dan nyaman dapat memperlancar proses pembelajaran. “Jangan belajar sambil rebahan, selain membuat badan pegal, juga membuyarkan konsentrasi. Oleh karena itu, pilihlah meja belajar dengan kursi yang sejajar agar nyaman dan terjaga konsentrasinya,” kata Jackson.

2. Mencatat sambil mengingat 
Catatan adalah salah satu cara agar proses pengingatan kembali dapat dilakukan. Ingatan selektif yang dimiliki oleh manusia cenderung melupakan banyak hal yang dipelajari, tetapi tetap mengingat informasi yang mendukung pandangan dan keyakinan mereka. “Karena selain meningkatkan pengingatan, juga bisa membuat Anda tetap fokus dan terjaga,” lanjut Jackson.

3. Pastikan koneksi internet stabil
Koneksi internet yang baik akan memudahkan murid untuk tetap terhubung dengan guru maupun dosen saat belajar di rumah. “Anda tidak harus bergantung pada provider di rumah, bisa juga Anda memakai bantuan kuota dari pemerintah,” kata Jackson.

4. Sediakan cemilan
Kegiatan belajar memang menguras tenaga. Meskipun secara fisik tidak bergerak, kegiatan berpikir tetap menggunakan energi. “Kadang memang tidak bisa dipungkiri bahwa belajar online sangatlah membosankan. Kalian dapat mengambil cemilan untuk menemani kelas online. Tapi ingat ya, makannya saat break saja, jangan pada saat dosen sedang mengajar karena itu tidak sopan,” sahut Tasya.

5. Jauhkan benda yang mengganggu konsentrasi Anda
Belajar dari rumah pasti memiliki kesan tersendiri dan tidak luput dari gangguan eksternal yang membuat kita kurang fokus. “Jauhkan benda-benda seperti gadget, televisi, dan mainan dari jangkauan kalian karena dapat membuat kalian tidak fokus kelas online,” kata Tasya.

6. Cari pencahayaan yang maksimal
Dilansir dari Medcom.id, Burhan Noor Sahid, Head of Marketing Signify Indonesia mengungkapkan bahwa setiap jenis lampu akan bagus digunakan sesuai dengan kebutuhan. Pilihan terbaik untuk lampu belajar adalah lampu putih karena cahaya lampu ini bisa membuat orang menjadi lebih fokus. “Pastikan ruangan yang kalian gunakan memiliki pencahayaan yang cukup. Jangan gunakan ruangan yang minim pencahayaannya karena dapat merusak mata dan membuat pusing,” tutup Tasya.

Bagi kalian kaum rebahan, yuk dicoba tips dan trik ini agar informasi dan materi yang disampaikan lebih dimengerti dan mudah diserap. Jangan sampai karena pandemi ini, kalian berdiam diri dan tidak mendapatkan ilmu yang dapat digunakan di kemudian hari. Jangan malu bertanya dan meminta bantuan ke dosen-dosen ya jika kamu memiliki masalah saat proses pembelajaran. Salam semangat untuk kita semua! (CA)

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar