Pilih Laman
Mengenal Jaringan Media Sosial dari Pakarnya

24 September 2020

Oleh: Admin Pusat

Seiring pesatnya pertumbuhan teknologi, penting bagi kita untuk mempelajari jaringan media sosial yang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Penetrasi media sosial yang begitu tinggi juga memberikan peluang bagi kita untuk berkreasi dan berpromosi, baik sebagai medium untuk melakukan personal branding, beriklan, hingga untuk mempromosikan produk dan jasa.

Pada 24 September 2020, Fikom mengadakan workshop Jaringan Media Sosial bagi para dosennya secara daring. Dengan mengundang Dr. Eriyanto, S.I.P., M.A., Pakar Riset Media dari Universitas Indonesia.

“Melalui workshop ini, setiap dosen tidak hanya memperluas wawasan terkait analisis jaringan, melainkan juga praktik secara langsung dalam mengaplikasikan metode tersebut. Beragam software telah dipelajari sehingga ketika perlu meneliti dengan analisis jaringan, kita sudah diperlengkapi,” menurut Ibu Lydia Irena, S.I.Kom., M.Si.

Selain itu, Ibu Dr. (Can) Sinta Paramita, S.I.P., M.A., Ketua Prodi Fikom Untar, berkata, “Saat ini metode jaringan sangat penting dilakukan dalam riset komunikasi. Selain menjadi tren penelitian saat ini, penggunaan metode ini memudahkan peneliti mengolah data apalagi pada saat WFH (Work from Home).”

“Banyak dari kita tidak bisa leluasa mengambil data lapangan. Penggunaan metode jaringan ini mempermudah peneliti mendapatkan data khususnya bagi penelitian yang berkaitan dengan komunikasi digital atau media sosial,” tutupnya.

Selain itu, Ibu Lydia juga berpesan bahwa bila nanti ada mahasiswa yang ingin meneliti tentang jaringan, dapat dilakukan secara lebih komperhensif dengan bantuan dosen yang sudah paham. Pembelajaran tentang jaringan media sosial tersebut dapat diteruskan kepada mahasiswa, sebab sebagian besar dari mereka merupakan aktor yang paling aktif dalam platform tersebut. (CA)

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM