Pilih Laman
Cegah Pelecehan Seksual Sejak Dini

9 September 2020

Oleh: Humas UNTAR

Untar bersama Yayasan Tarakanita mengadakan Seminar Online “Shades of Teenager” seri ke-3 yang berjudul “Tackling Sexual Harassment” melalui aplikasi daring, Rabu (9/9).

Seminar online menghadirkan narasumber Staf Pengajar Praktik Kerja Profesi Psikologi Klinis Untar Stella Tirta, M.Psi., Psikolog dan mahasiswa Program Studi Magister Psikologi Profesi Untar Kezia Mallista, S.Psi. Guru BK SMA St. Carolus Surabaya Wenny Rosalia Kusumawardani, S.Psi. berperan sebagai moderator yang mengatur jalannya acara.

Menurut Kezia, kekerasan seksual dapat dicegah dengan berbagai cara, antara lain menyadari bentuk dan jenis pelecehan seksual, berani mengatakan tidak, menceritakan pada orang yang dapat dipercaya, mengumpulkan bukti, melaporkan kepada pihak berwenang, tidak menyalahkan diri sendiri, dan meminta pertolongan kepada profesional.

“Jangan ragu untuk meminta bantuan pada tenaga profesional. It’s okay to not be okay,” tuturnya.

Senada dengan Kezia, Stella menekankan pentingnya tidak menyalahkan diri apabila menjadi korban dating violence. “Jangan lupa, masalah itu hanya sebagian kecil dari hidup yang begitu besar, apalagi masih remaja, masih panjang, jadi masih banyak hal positif yang bisa diisi di hidup Anda,” pungkas Psikolog Klinis Anak dan Remaja tersebut.

Mewakili Yayasan Tarakanita, Wenny secara khusus mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada Untar. “Terima kasih Bu Stella dan Bu Kezia atas segala informasi, ilmu, dan wawasan yang telah dibagikan. Semoga berguna bagi siswa-siswi agar dapat menjadi lebih aware terhadap pergaulan mereka, sehingga bisa lebih menjaga diri,” ucapnya.

Acara yang disiarkan langsung melalui Youtube ini diikuti murid kelas 12 dari sekolah-sekolah di bawah naungan Yayasan Tarakanita yang tersebar di tujuh daerah, antara lain Jakarta, Tangerang, Yogyakarta, Magelang, Bengkulu, Lahat, dan Surabaya. -AW-

-JS-

9 September 2020, PKM, KS.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar