Pilih Laman
Dosen Didorong Optimalkan Aplikasi Pangkalan Data

8 September 2020

Oleh: Humas UNTAR

Sejumlah dosen Untar mengikuti Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) yang diadakan bersama Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III, Selasa (8/9) melalui aplikasi daring.

Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Agus Setyo Budi, M.Sc. berharap sosialisasi ini dapat mendorong para dosen Untar memanfaatkan aplikasi PD-Dikti sebaik mungkin. “Melalui acara ini, para dosen diharapkan dapat menggunakan aplikasi PD-Dikti secara optimal untuk tanggung jawab pelaporan dan peningkatan mutu perguruan tinggi,” ujarnya.

“PD-Dikti merupakan tulang punggung data atau wali data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam sistem Integrasi Layanan Data. Sistem ini merupakan bentuk kolaborasi antarkementerian, sehingga data dari PD-Dikti kemudian dapat digunakan instansi-instansi lain seperti Kemdagri, Kemenag, Kemenkes, Kemenaker, BAN-PT, LAM, dan lain-lain,” sambung Prof. Agus.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan secara khusus menyampaikan apresiasinya kepada pihak LLDIKTI yang telah berkenan secara khusus memberikan pembekalan. “Terima kasih kepada Prof. Agus dan rekan-rekan dari LLDIKTI Wilayah III yang telah memberikan outline atau gambaran garis besar penggunaan aplikasi ini,” ucapnya.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Rasji, S.H., M.H., sosialisasi ini merupakan sebuah langkah menuju peningkatan mutu. “Kita perlu terus memerhatikan input, proses, output, dan outcome agar peringkat Untar dapat semakin meningkat di masa yang akan datang,” tuturnya.

Turut hadir dalam sosialisasi Kepala Sub-Bagian Sistem Informasi dan Kerja Sama LLDIKTI Wilayah III Jakarta Bapak Noviyanto, S.T., M.M.S.I. yang membagikan tata cara pelaporan melalui Aplikasi PD-Dikti. -AW-

-JS-

8 September 2020, KS, PKM.