Pilih Laman
Tata Kelola dalam Bisnis Keluarga

26 Juli 2020

Oleh: Nectar.id

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untar bersama Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) Chapter Lampung menyelenggarakan seminar online Family Business Talk seri ke-enam berjudul “Family Business Governance” yang disiarkan melalui aplikasi Zoom, Minggu (26/7).

Hadir sebagai narasumber Founder Center of Family Business Studies (CFBS) Dr. Nyoman Marpa, Direktur PT Istana Lampung Raya Stephani Ona Kembara, dan dosen FEB Dr. Nuryasman MN, S.E., M.M. yang mengatur jalannya acara.

“Saya harap peserta dapat memanfaatkan room diskusi ini sebaik mungkin untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya dari kedua narasumber,” ucap Dr. Nuryasman dalam pembukaan.

Dalam paparannya, Dr. Marpa menjelaskan tata kelola dalam bisnis keluarga. Menurutnya, tata kelola dari aspek bisnis dalam bisnis keluarga juga berpengaruh pada tata kelola keluarga. “Ada satu kebiasaan dalam bisnis keluarga, yakni kepala keluarga juga bertindak sebagai pimpinan bisnisnya, dan apa yang dikatakannya menjadi aturan baik dalam bisnis ataupun keluarga,” ungkap penulis buku “Kiat Sukses Bisnis Keluarga”.

Sebagai pelaku bisnis keluarga, Stephani membagikan pengalaman terkait mengelola bisnis warisan ayahnya, yang dulu sempat dijalankan bersama. “Dalam bisnis keluarga, generasi pertama yang membangun, generasi kedua yang mengembangkan. Mengembangkan dapat menjadi sulit karena ada conflict of interest antara generasi baby boomer dengan kita. Namun, selama ada komunikasi dan SOP (Standard Operating Procedure) yang baik, pengelolaan dapat menjadi lebih mudah,” jelasnya.

Seminar Online “Family Business Governance” merupakan seri ke-enam dari delapan dalam seri Family Business Talk. Seri-seri berikutnya akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang. -AW-

-JS

26 Juli 2020, KS.