Pilih Laman
Fotografi dari Mata Darwis Triadi

15 Juli 2020

Oleh: Humas UNTAR

I-Focus, salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (UKM FIKom) Untar di bidang Fotografi, menyelenggarakan Seminar Online I-Expo 2020 Fotografi di Era Digital bersama Darwis Triadi, Rabu, (15/7).

Pada sambutannya, Dekan FIKom Dr. Riris Loisa, M.Si. menyampaikan, ”Selama masa pandemi, kita dituntut beradaptasi, UKMF I-Focus tetap kreatif mengadakan kegiatan daring dengan mengundang maestro fotografi Darwis Triadi, yang tentunya telah menarik begitu banyak peserta untuk mengikuti seminar online ini. Bila tahun lalu acara ini diadakan secara luring dengan 250 orang peserta, tahun ini diikuti oleh 3000 orang peserta.“

“Hasil fotografi sebagai alat komunikasi mempunyai pengaruh sangat luas di tengah masyarakat. Ada banyak orang tergerak hatinya karena sebuah hasil foto. Tentu harapannya sebuah karya fotografi dapat mendorong orang lain untuk berkontribusi, berpartisipasi berbuat baik. Penyajiannya perlu diperhatikan agar dapat mengkomunikasikan suatu maksud yang baik,” ujar Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan saat membuka acara.

Menurut Darwis Triadi, Fotografi itu sebenarnya adalah bagaimana kita belajar mengelola cahaya. “Tanpa adanya cahaya, fotografi tidak akan tercipta, tidak akan ada kamera. Dalam memotret, kita perlu melihat cahaya baik dari matahari maupun cahaya artificial. Pada era digital ini, sebetulnya yang perlu kita pikirkan adalah esensi semula bahwa fotografi adalah cahaya, namun dengan cara berfikir digital, yaitu berfikir secara sederhana. Karena penemuan kamera digital untuk membuat orang berfikir sederhana. Fotografi itu berkaitan dengan emotional feeling.”

Acara yang diikuti oleh lebih dari 150 perguruan tinggi, 75 sekolah, dan 20 instansi pemerintah dari Aceh hingga Jayapura menjadi acara puncak pengumuman Lomba Fotografi I-Focus Fikom Untar yang bertema ”Cerita Hari Itu” yang diikuti lebih dari 200 orang peserta. Lomba ini dimenangkan oleh Ricky Suryanto dari Jakarta pada posisi pertama, Zikrullah dari Aceh diposisi kedua, Izzudin Fasya dari Sidoarjo Jawa Timur pada posisi ketiga, dan Juara Favorit dari perolehan jumlah likes Instagram yang diraih oleh Jupiter.  -JS-

-JS-

15 Juli 2020, KS.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar