Pilih Laman
Kenali Karakter Bisnis Keluarga

5 Juli 2020

Oleh: Humas UNTAR

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untar bekerjasama dengan Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) cabang Lampung menyelenggarakan rangkaian Family Business Talk membahas seputar The Nature of Family Business, Minggu (5/7). Webinar ini menghadirkan Founder Center of Family Business Studies (CFBS) Dr. Nyoman Marpa, Owner Gado-Gado Boplo generasi kedua Calvin Hartono, dimoderatori dosen FEB Untar Dr. I Gede Adi Putra, yang dihadiri juga oleh Chairman AMA cabang Lampung, Dr. Alex Tribuana Sutanto.

“Bisnis keluarga adalah sebuah bisnis yang dimiliki dan dikendalikan oleh satu keluarga, dan menjadi kompleks karena memiliki tiga unsur di dalamnya, unsur bisnis, keluarga, dan ownership. Singgungan antara family members akan mempengaruhi pengambilan keputusan,” ujar Dr. Nyoman Marpa. Penulis buku Kiat Sukses Bisnis Keluarga ini juga mengilustrasikan bisnis keluarga sebagai Yin dan Yang yang bersatu. Dalam aspek keluarga akan mementingkan kebersamaan dan harmonisasi, lalu bertemu dengan aspek bisnis yang mengutamakan pencapaian serta kinerja.


Calvin Hartono selaku generasi kedua bisnis keluarganya mengaku proses suksesi harus sudah dimulai sejak dini. “Anak-anak, saya ikutsertakan untuk berjualan dan selalu saya tanamkan jiwa kewirausahaan agar memahami perjuangannya. Akan menjadi racun dalam bisnis keluarga bila kita memberikan terlalu banyak kemudahan pada generasi selanjutnya. Pembentukan karakter yang tabah dan tangguh diperlukan agar mereka dapat menghargai proses.”

“Sebuah bisnis dapat sukses tidak cukup mengandalkan business plan yang bagus, investasi yang cukup, tapi niat baiklah yang dibutuhkan. Saya harap sharing ini dapat memberikan inspirasi dan menambah pengetahuan kita kedepan,” ucap Dekan FEB Untar Dr. Sawidji Widoatmodjo, S.E., M.M., M.B.A. saat menutup webinar.


Family Business Talk ini merupakan series ketiga dari delapan series. -JS-

-JS-

5 Juli 2020, KS