Pilih Laman
Program Rektor Berbagi dari Rumah

3 Juni 2020

Oleh: Humas UNTAR

Dalam situasi bekerja dari rumah, banyak hal menarik dan bermanfaat yang  dilakukan Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan.

Berbagi ilmu menjadi narasumber di depan para dosen hingga anak-anak usia Sekolah Dasar, menjadi kegiatan rutin yang dilakukan dalam program “Rektor Berbagi”.

Berbagi dengan Ikatan Dosen Katolik Indonesia (IKDKI) secara online bertajuk “Strategi Pengusulan Jabatan Akademik Dosen” diadakan di Jakarta (3/6). Rektor memberikan motivasi, arahan, serta evaluasi bagi para dosen yang ingin memperoleh kenaikan pangkat akademik secara cepat dan tepat. Rektor berbagi strategi agar para dosen segera memiliki kepangkatan, baik itu  Asisten Ahli atau bahkan yang ingin menjadi Guru Besar.

Rektor mengatakan, “Untuk mencetak Sumber Daya Manusia Unggul harus dimulai dari para pendidik yang memiliki keunggulan.”

Selain berbagi kepada para dosen, Rektorpun berbagi di hadapan murid-murid sekolah secara online bertajuk “Rektor Mengajar.”

Kegiatan ini merupakan implementasi kerja sama yang terjalin antara Untar dan Yayasan Tarakanita. Acara yang diadakan melalui aplikasi konferensi online, diisi dengan topik yang berbeda-beda sesuai level pendidikan mulai dari SD, SMP, bahkan SMA.

“Sains bisa diimplementasikan di semua bidang, serta dapat digunakan untuk merancang dan menghasilkan produk baru yang dapat membantu manusia di kehidupan sehari-hari,” jelas Rektor saat berbagi  dengan topik “Mat dan Sains dalam Revolusi Industri 4.0” di depan murid SMA Tarakanita Gading Serpong, Citra Raya, dan Magelang, Rabu (3/6).

Di depan anak-anak SMP, Rektor mengatakan bahwa dibutuhkan kreativitas untuk menciptakan produk yang dapat berguna. “Bakat dan minat harus dikembangkan dan difokuskan sejak dini agar kreativitas dan kemampuan menciptakan produk-produk selalu bertujuan positif. Hal ini harus ditanamkan terus agar terbentuk pada diri siswa,” ucap Rektor dalam “Tips Mengembangkan Bakat dan Minat dalam Era Digital” yang diadakan bersama siswa-siswi SMP Tarakanita 4 dan 5 Jakarta, Kamis (4/6).

Lain halnya saat Rektor memberikan pembekalan di depan anak-anak SD yang juga ditemani para orang tuanya. Rektor berpesan kepada orang tua dan murid untuk selalu bersyukur dalam setiap kesempatan, terutama di masa pandemi Covid-19 ini. “Jangan lupa bersyukur dan diwujudkan dalam bentuk perilaku, misalnya membantu sesama. Orang tua juga dapat turut membimbing anak-anaknya, karena orang tua juga berpengaruh pada keselamatan anak,” tutur Rektor saat memberi materi “Menjaga Keselamatan Anak di Rumah (Membimbing Anak-anak Belajar)” bersama SD Santo Yosef, Santo Carolus, dan R.A. Kartini Surabaya, Senin (8/6).

Dosen Fakultas Psikologi Untar Meiske Yunithree Suparman, M.Psi., Psikolog. turut memberikan pesan untuk menghindari suasana stres di masa pandemi kepada orang tua siswa. “Ciptakan suasana yang fun di rumah untuk anak, jangan hanya belajar dan belajar. Libatkan semua orang di rumah dan gunakan kesempatan di masa pandemi ini untuk mendekatkan diri dan bekerja sama antaranggota keluarga,” pungkasnya.

Mewakili Yayasan Tarakanita, Sr. Yudith Maryani, CB, M.Pd. secara khusus menyampaikan apresiasinya. “Terima kasih kepada Prof. Agustinus karena telah bersedia hadir sebagai pembicara. Semoga wawasan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kita semua,” ucapnya.

Kolaborasi Untar dan Yayasan Tarakanita dalam bidang peningkatan kualitas pendidikan, telah disepakati pada Juli 2019 lalu. Kolaborasi ini diharapkan dapat menghasilkan generasi muda yang berkualitas, serta meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan. -AW-

-JS-

3 Juni 2020, KS – PKM.