Pilih Laman
Untar Raih Klaster Mandiri di Bidang Penelitian

19 November 2019

Oleh: Humas UNTAR

Untar berhasil meningkatkan klaster penelitian dan masuk ke klaster Mandiri, hal ini disampaikan oleh Menteri Ristek/Kepala BRIN Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro dalam Konferensi Pers Hasil Penilaian Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi Tahun 2016-2018 di Gedung II BPPT, Ruang Rapat Lt. 24, Jakarta, Selasa (19/11).

Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/BRIN) meluncurkan hasil penilaian kinerja penelitian perguruan tinggi untuk periode tahun 2016-2018. Berdasarkan analisis terhadap data yang telah diverifikasi, terdapat 47 perguruan tinggi yang masuk dalam kelompok Mandiri, 146 perguruan tinggi kelompok Utama, 479 perguruan tinggi kelompok Madya, dan sebanyak 1.305 perguruan tinggi kelompok Binaan. Jumlah kontributor sebanyak 1.977 perguruan tinggi, meningkat dari periode tahun 2013-2015 yang hanya mencapai 1.447 perguruan tinggi.

Menteri Bambang menyampaikan bahwa jangan sampai perguruan tinggi hanya fokus pada pengajaran sehingga mengabaikan penelitian dan pemberdayaan masyarakat. Ia berharap Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta dapat bekerjasama dalam penelitian dan pemberdayaan masyarakat, sehingga kualitas penelitian dapat menunjang ranking perguruan tinggi itu sendiri.

Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan mengucapkan terima kasihnya atas kerja keras seluruh staff dalam meningkatkan peringkat dari Utama menjadi Mandiri, ini merupakan bagian penting dari membangun reputasi Untar yang selama ini terus digaungkan khususnya dalam bidang riset. Kedepannya Untar akan terus memacu publikasi baik dalam bentuk prosiding maupun jurnal nasional dan internasional yang bereputasi serta masuk ke hilirisasi untuk memberdayakan dan mengaplikasikan riset-riset tersebut ke masyarakat, sehingga dapat diberi manfaat bagi kesejahteraan.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar