Pilih Laman
Untar 50 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

28 Agustus 2018

Oleh: Humas UNTAR

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), melalui Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo mengumumkan peringkat perguruan tinggi di Indonesia, Jumat (17/8).

Dari pengumuman tersebut disampaikan Untar berada di peringkat 50 perguruan tinggi terbaik non vokasi di Indonesia. Sedangkan untuk perguruan tinggi swasta, Untar berada di peringkat 14 terbaik nasional. Untar juga pada peringkat tiga perguruan tinggi swasta terbaik di wilayah Lembaga Layanan Dikti (LL Dikti) wilayah III.

Tahun ini dalam penilaiannya Kemenristekdikti melakukan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia.

Penilaian performa perguruan tinggi pada tahun ini secara garis besar terdapat beberapa penyesuaian sebagai hasil evaluasi dari penilaian tahun 2017. Kemenristekdikti mengeluarkan hasil klasterisasi hanya terhadap kelompok perguruan tinggi non vokasi yaitu Universitas, Institut dan Sekolah Tinggi.

“Klasterisasi ini juga dapat dijadikan dasar bagi Kemenristekdikti untuk melakukan pembinaan perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas perguruan tinggi di Indonesia, penyusunan kebijakan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi, serta memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai performa perguruan tinggi di Indonesia,” ungkapnya.

Rektor Untar Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan menanggapi hasil tersebut mengungkapkan apresiasi kepada semua pihak atas kerjasama yang telah dilakukan. Capaian ini adalah hasil kerja keras sivitas akademika Untar.

“Mari kita lebih memperat sinergi agar meraih hasil yang lebih baik lagi tahun depan”, tambahnya saat pertemuan pimpinan Untar dalam rangka mengevaluasi kinerja, Selasa (28/8) di executive lounge kampus Untar.

Menurutnya hasil yang dicapai Untar ini merefleksikan apa yang telah dilakukan untuk menjadi evaluasi agar lebih baik lagi. Tantangan kedepan semakin berat namun bila dilakukan dengan semangat kebersamaan akan terasa mudah.

Pada tahun 2018 ini, terdapat penambahan satu komponen utama dalam penilaian yaitu Kinerja Inovasi. Lima komponen utama tersebut yaitu kualitas SDM, kualitas kelembagaan,  kualitas kegiatan kemahasiswaan, kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat dan kualitas inovasi.

Saat ini ada 3.253 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan 3.313 adalah perguruan tinggi swasta. Untuk di wilayah LLDIKTI wilayah III terdapat 333 perguruan tinggi swasta.

Sumber:  https://ristekdikti.go.id/kemenristekdikti

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar