Pilih Laman
Membangun Brand Tak Hanya Sebatas Teori

28 November 2017

Oleh: Admin Pusat

Setelah genap satu semester menerima materi kuliah Brand & Positioning, mahasiswa semester 3 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara mempraktikkan pembuatan brand (merek) untuk produk makanan atau minuman. Para mahasiswa diminta menciptakan produk dengan kemasan yang memenuhi standar estetika dan fungsional, lalu mempresentasikan sejumlah elemen merek seperti nama merek, logo, karakter, brand ambassador, slogan hingga jingle.

Mahasiswa secara berkelompok diwajibkan menjabarkan produk dalam bentuk proposal. Proposal berupa brand inventory itu berisi sejarah dan visi merek, elemen merek, positioning, points of parity dan points of difference dengan produk kompetitor, hingga cara membangun keterlibatan dan keterikatan dengan konsumen lewat berbagai media. Selain itu, dengan mengenakan batik, mahasiswa juga diminta turut mengkampanyekan “100% Cinta Produk Indonesia” dalam produk dan kemasan yang mereka ciptakan.

Lewat tugas akhir mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya sekedar membangun merek dan positioning melalui teori di kelas, tetapi juga secara kreatif mengimplementasikan jiwa entrepreneur sesuai dengan visi FIKOM Untar. Selain itu, mata kuliah ini diharapkan memberi bekal pada mahasiswa sebelum memilih peminatan Iklan, Public Relation, dan Jurnalistik. (ROS)