Pilih Laman
Nation Building UNTAR

23 Februari 2017

Oleh: Admin Pusat

Beswan Djarum merupakan sebutan bagi penerima Djarum Beasiswa Plus yang merupakan salah satu wujud peran aktif Djarum Foundation dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Dengan melalui serangkaian tes seleksi yang ketat, akhirnya terpilih 525 mahasiswa berprestasi tinggi dari seluruh penjuru tanah air yang dinobatkan sebagai Beswan Djarum angkatan 32. Dari 9 mahasiswa Universitas Tarumanagara, 2 diantaranya adalah mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi yaitu Chicilia Wongsodiredjo dan Michelie Tamara yang menerima Djarum Beasiswa Plus Tahun 2016/2017. Selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, Beswan Djarum juga menerima pelatihan soft skill yang meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, dan International Exposure.

Nation Building dilaksanakan pada tanggal 11-15 November 2016 di Semarang, Jawa Tengah. Selama 5 hari, Beswan Djarum melakukan cultural visit dan juga berlatih intensif demi mempersembahkan kombinasi pagelaran seni peran, tari, dan suara di Malam Dharma Puruhita. Tahun ini, Nation Building dengan tema Gema Bumi Palapa mengambil cerita sejarah kerajaan Majapahit, meresapi makna penting menjaga persatuan di tengah keberagaman.

Setelah dibekali wawasan hakekat kebangsaan guna mengkokohkan kutuhan Indonesia, Beswan Djarum ditempa agar menjadi pemimpin bangsa yang berkarakter luhur dan mandiri dalam Character Building. Berlokasi di Cikole, Lembang, Jawa Barat, selama 4 hari kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan sifat keterpercayaan, tanggung jawab, hormat, kesetaraan, kepedulian, dan kewargaan.

Rangkaian pelatihan Beswan Djarum selanjutnya adalah Leadership Development yang berlangsung di 2 kota yaitu Surabaya dan Yogyakarta. Pelatihan ini bertujuan untuk membentuk dan mengasah nilai-nilai kepemimpinan pada diri.

Tidak hanya itu, Beswan Djarum juga diberikan kesempatan untuk menerapkan berbagai ketrampilan lunak yang telah diperoleh dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar pada suatu permasalahan sosial di lingkungan tempat mereka berada melalui program Community Empowerment yang akan berlangsung selama 6 bulan (Februari-Agustus 2017). Beswan Djarum secara berkelompok menjalankan program bersama dengan komunitas. Sebelumnya, tiap kelompok harus membuat proposal program sampai akhirnya terpilih proposal dengan ketajaman analisis, ketepatan solusi, kesiapan teknis, potensi keberlanjutan, dan kesinambungan program. Beswan Djarum dari Universitas Tarumanagara menjadi salah satu dari sepuluh kelompok yang terpilih untuk menjalankan program Community Empowerment.

Chicilia Wongsodiredjo

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM