Pilih Laman
Pengumuman Seminar 2nd IMADE

27 Oktober 2016

Oleh: Admin Pusat

2nd Internal Medicine Annual Update

Updating Knowledge of Metabolic Diseases and Diabetes in Daily Practice

Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara (FK Untar) akan mengadakan seminar nasional Internal Medicine Annual Update yang kedua pada hari Sabtu, 8 Oktober 2016. Seminar ini merupakan lanjutan dari usaha FK Untar untuk meningkatkan tingkat pengetahuan dokter-dokter Indonesia mengenai ilmu penyakit dalam. Pada tahun ini, panitia mengangkat tema ”Updating Knowledge of Metabolic Diseases and Diabetes in Daily Practice”. Selama satu dekade terakhir, Indonesia mengalami transisi epidemiologi penyakit. Penyakit infeksi bukan lagi menjadi penyebab kematian utama di Indonesia, melainkan penyakit-penyakit degeneratif seperti stroke, hipertensi, penyakit jantung, dan pembuluh darah. Berdasarkan Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2007, stroke dan hipertensi masih merupakan penyebab kematian utama. Prevalensi obesitas di Indonesia didapatkan sebesar 19% dan diperkirakan akan terus meningkat. Sebanyak 48.2% masyarakat Indonesia tergolong kurang melakukan aktivitas fisik. Tidak mengherankan bila prevalensi penyakit metabolik, lipid, dan diabetes semakin meningkat. IMADE 2016 akan membahas terutama tentang penanganan penyakit degeneratif, seperti diabetes. Dari seluruh kasus diabetes di Indonesia, hanya duapertiga dari seluruh penderita yang menjalani pengobatan, dan dari yang menjalani pengobatan, hanya separuh yang yang mencapai keadaan gula darah yang terkendali secara optimal. Perkembangan dan penelitian di bidang penyakit metabolik dan diabetes sangat pesat, namun sayangnya tidak semua dokter mengetahui dan memahami perkembangan ini. Merupakan harapan yang besar bagi FK Untar dan panitia IMADE 2016 untuk dapat mendorong dokter-dokter Indonesia untuk dapat mengetahui dan memahami perkembangan penatalaksanaan penyakit-penyakit degeneratif  untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang lebih sehat. Berikut adalah materi-materi tentatif yang akan dibahas dalam seminar 2nd IMADE 2016 :

  • Hypertension in Geriatric Patients : dr. Ni Made Hustrini, Sp.PD.
  • Lipid Management in Cardiovascular Disease : dr. Ika Prasetya Wijaya, Sp.PD.-KKV
  • Treatment and Prevention of Stroke : dr. Yuwono, Sp.S. FINS
  • Nutritional Therapy in Obesity : dr. Idawati Karjadidjaja, Sp.GK.
  • Non-Alcoholic Fatty Liver Disease : dr. Paskalis Gunawan, Sp.PD.
  • Update on Indonesian Guideline of Diabetes Mellitus : dr. Andra Aswar, Sp.PD.
  • New Insight on Diabetic Drug : dr. Dante Saksono, PhD., Sp.PD-KEMD

Pada kesempatan ini, panitia juga mengadakan lomba abstrak dan poster yang berkaitan dengan Penyakit Dalam. Bagi yang berminat dapat segera mendaftarkan diri dan membuka link berikut untuk dapat melihat Format Abstrak dan Poster 2nd IMADE. Bagi yang berminat, dapat segera mendaftarkan diri ke : SMS center ke nomor 0838 1351 3550 Suratmiatun di nomor 0878 7552 3607 Wiwik Rahayu di nomor 0812 8418 528 Email : fkuntarseminar@gmail.com Biaya Pendaftaran adalah sebagai berikut :

  • Dokter Spesialis : Rp. 500.000,-
  • Dokter Umum : Rp. 300.000,-
  • Mahasiswa : Rp. 100.000,-

Untuk biaya pendaftaran dapat ditransfer ke : Bank Mandiri, atas nama Samuel Halim/Velma Herwanto No Rekening : 1170054005400 Mandiri FK Untar

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar