Pilih Laman
A Day Off Seminar and Practice with Prof. Dr. Burhan Bungin, Ph.D

3 April 2016

Oleh: Admin Pusat

Seminar dan Pelatihan Sehari Bersama Prof. Dr. Burhan Bungin, Ph.D

Sebagai pengajar sekaligus peneliti, keahlian dan pemahaman mengenai metode penelitian harus selalu diperbaharui sehingga penelitian yang dilakukan terus berkembang seturut dengan relevansi zaman. Atas dasar itulah Rabu, tanggal 30 Maret 2016 kemarin FIKom UNTAR mengadakan acara

Pelatihan Metodologi Penelitian dengan pembicara Prof. Dr. Burhan Bungin, Ph.D yang bertema “Metodologi Penelitian Komunikasi dan Tren Penelitian Terkini”. Pelatihan tersebut ditujukan untuk para dosen yang mengajar di FIKom UNTAR

Acara pelatihan dimulai dengan sesi ceramah dari pembicara, yang menjelaskan tentang paradigma ilmu pengetahuan dan perkembangannya. Peserta diberikan pemahaman mengenai beragam jenis paradigma yang mendasari  arah dan sifat penelitian termasuk kepada teori-teori yang berkembang sesuai dengan masing-masing paradigma.  Tidak berhenti di situ, Prof. Burhan Bungin juga menjelaskan beragam jenis metode penelitian, yang terdiri dari metode mindstream kuantitatif dan kualitatif, dan metode baru yang sekarang ini masih diperdebatkan yaitu metode mixed method yang menggabungkan dua perspektif paradigma ilmu.

Kemudian ceramah dilanjutkan dengan pembahasan mengenai format penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada bahasan ini peserta diingatkan kembali pentingnya struktuk dan format penelitian agar sistematika produr penelitian terarah dan konsisten. Sesi kedua adalah sesi Tanya jawab antara peserta dengan pembicara. Di sesi ini kesempatan emas para peserta untuk menanyakan hal-hal terkait penelitian yang sedang atau yang akan mereka lakukan. Menurut Lusia Savitri salah satu dosen yang menjadi peserta, acara tersebut sangat penting dilaksanakan sehingga dosen bisa memperbarui pemahaman tentang tren metode penelitian komunikasi yang ada. “Acaranya sangat bagus dan Prof. Burhan Bungin menyampaikan materi dengan sangat baik. Kita bisa tahu dan paham tren metode penelitian komunikasi sekarang seperti apa dan bagaimana melakukannya,” jelasnya.

Acara yang diakhiri dengan sesi foto bersama peserta dengan pembicara dan juga pimpinan FIKom UNTAR tersebut pun berjalan dengan sukses. (WP)

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar