Pilih Laman
Transformasi Kurikulum, LLDikti III Selenggarakan Bimbingan Teknis di Untar

15 Mei 2024

Oleh: Admin

Dok: Untar – Alvin Putra Winata

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDikti III) berkolaborasi dengan Untar menyelenggarakan Bimbingan Teknis Relaksasi Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) Berorientasi Pembelajaran di Luar Kampus, Rabu (15/5) di Auditorium Kampus I Untar.

Acara berlangsung selama dua hari, bertujuan mengembangkan kurikulum pendidikan tinggi sesuai dengan Permendikbudristek RI Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Bimbingan teknis ini disampaikan oleh Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si. dari Universitas Negeri Semarang dan Dr. Ir. Syamsul Arifin, M.T. dari Institut Teknologi Sepuluh November, serta dimoderatori oleh Kepala Kantor Pusat Sumber Daya Belajar (PSB) Untar Dr. dr. Arlends Chris, M.Si.

Kepala LLDikti III Prof. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. menyampaikan ungkapan terima kasih pada pihak Untar yang selalu mendukung dan memfasilitasi program-program LLDikti III.

Prof. Toni menekankan pentingnya pembaharuan kurikulum perguruan tinggi untuk mengimbangi perkembangan teknologi dan memenuhi capaian pembelajaran.

“Kurikulum harus segera didesain ulang karena perkembangan menuntut perubahan terhadap kurikulum yang mungkin sudah tidak relevan,” ungkapnya.

Sejak tahun 2020, mahasiswa diarahkan untuk terlibat dalam kegiatan di luar program studi melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk memilih program sesuai minatnya.

“Perguruan tinggi juga harus memfasilitasi mahasiswa dalam program ini,” tambah Prof. Toni.

Lebih lanjut, Prof. Toni menyebutkan bahwa meskipun jumlah mahasiswa yang ikut serta dalam program MBKM terus meningkat, jumlah perguruan tinggi yang terlibat masih stagnan.

LLDikti III berharap acara ini dapat memberikan keberlanjutan dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi dan mendorong lebih banyak perguruan tinggi untuk terlibat dalam pelaksanaan program MBKM.

Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. mengungkapkan bahwa Untar sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi.

Diharapkannya, kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta dan dapat segera diimplementasikan di perguruan tinggi masing-masing.

Untar sendiri merupakan salah satu kampus teraktif dalam pelaksanaan MBKM, terbukti dengan penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Penyelenggara MBKM Terbaik dari LLDikti III yang diterima Untar pada tahun 2022.

Foto bersama seluruh peserta // Dok: Untar – Kevin Jonathan JM

Bimbingan pada hari pertama diikuti oleh lebih dari 100 peserta dari universitas di bawah naungan LLDikti III.

Sementara, bimbingan pada hari kedua diikuti oleh sekolah tinggi di bawah naungan LLDikti III. (KJ/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week