Pilih Laman
Hari Bumi 2024 Ingatkan Ancaman Plastik

22 April 2024

Oleh: Admin

Ilustrasi: @jannoon028 on Freepik

Tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi di seluruh dunia. Momen ini ditetapkan untuk merayakan keindahan alam semesta dan untuk mempertimbangkan tindakan yang dapat kita ambil untuk melindungi bumi, planet tempat kita tinggal.

Hari Bumi pertama kali dirayakan pada tahun 1970 sebagai respons terhadap kekhawatiran masyarakat akan polusi dan kerusakan lingkungan yang semakin meningkat. Gerakan tersebut mendorong disahkannya undang-undang lingkungan yang penting di Amerika Serikat, termasuk Undang-Undang Udara Bersih dan Spesies Terancam Punah, serta pendirian lembaga lingkungan seperti Environmental Protection Agency (EPA).

Banyak negara kemudian mengadopsi undang-undang serupa, dan pada tahun 2016, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memilih Hari Bumi sebagai hari penandatanganan Perjanjian Iklim Paris.

Dilansir dari situs resmi Earth Day, tema Hari Bumi 2024 adalah “Planet vs. Plastics”. Ini menekankan komitmen untuk mengakhiri penggunaan plastik demi kesehatan manusia dan planet kita, menuntut pengurangan 60% produksi semua plastik pada tahun 2040.

Tema ini menyerukan untuk mengadvokasi kesadaran luas mengenai risiko kesehatan dari plastik, penghapusan segera semua plastik sekali pakai, mendesak untuk Perjanjian PBB yang kuat tentang Polusi Plastik, dan menuntut akhir dari tren fast fashion.

Berikut adalah beberapa tips untuk turut menjaga kesehatan bumi.

1. Kurangi Penggunaan Plastik
Plastik adalah salah satu pencemar lingkungan terbesar di dunia. Mulailah dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan beralih ke barang-barang yang dapat digunakan ulang.

2. Gunakan Transportasi Ramah Lingkungan
Kurangi emisi karbon dengan menggunakan transportasi umum, bersepeda, atau berjalan kaki jika memungkinkan. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pertimbangkan untuk beralih ke mobil listrik atau hibrida.

3. Dukung Energi Terbarukan
Beralihlah ke sumber energi terbarukan seperti energi surya dan angin di rumah jika memungkinkan. Dukung kebijakan dan inisiatif yang mendorong penggunaan energi terbarukan di tingkat lokal dan nasional.

4. Berkontribusi dalam Program Pemulihan Lingkungan
Ikuti acara-acara penanaman pohon, pembersihan pantai, atau proyek pemulihan lingkungan lainnya di lingkungan setempat. Setiap tindakan kecil dapat membuat perubahan yang besar.

Hari Bumi adalah pengingat bahwa kita semua memiliki tanggung jawab untuk merawat bumi yang menjadi rumah bagi kita.

Dengan mengambil langkah-langkah kecil dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat bersama-sama menciptakan perubahan positif yang diperlukan untuk melindungi planet ini bagi generasi mendatang.

Mari kita rayakan Hari Bumi tahun ini dengan semangat untuk membangun masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Selamat Hari Bumi 2024.

Artikel disusun dari beberapa sumber (KJ/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week