Pilih Laman
Untar Dukung Pembentukan APRSI untuk Penuhi Kebutuhan Psikolog di RS

17 November 2023

Oleh: Admin

Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) sebagai Induk Organisasi Profesi Psikologi di Indonesia menyambut baik Deklarasi Asosiasi Psikolog Rumah Sakit Indonesia (APRSI) sebagai asosiasi ke-21 di dalam HIMPSI.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pengurus Pusat HIMPSI Dr. Andik Matulessy, M.Si., Psikolog dalam Deklarasi APRSI pertama yang diselenggarakan di Fakultas Psikologi (FPsi) Untar, Jumat (17/11).

Dekan FPsi Untar Sri Tiatri, Ph.D., Psikolog dalam sambutannya mengatakan deklarasi ini merupakan bentuk perhatian yang besar terhadap peningkatan dan perkembangan kebutuhan psikolog yang bekerja di berbagai rumah sakit.

Selain itu, pembentukan asosiasi ini merupakan salah satu dukungan Untar dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) untuk aspek ke-3 Good Health and Well-Being dan aspek ke-17 yaitu Partnership for the goals.

“Bentuk kerja sama Untar sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mendidik para psikolog sebagai tenaga layanan kesehatan psikologis, bersinergi dengan APRSI untuk mencapai tujuan kesehatan dan kesejahteraan psikologis bagi masyarakat secara lebih meluas,” sambungnya.

Ketua APRSI, Dra. Dian Kristyawati Habsara, M.Si., Psikolog menyampaikan bahwa tujuan dari pembentukan asosiasi ini adalah sebagai wadah psikolog rumah sakit untuk menyalurkan aspirasi, mengekspresikan kreativitas, dan berkontribusi untuk hal-hal yang positif terkait profesi psikolog di Rumah Sakit.

“Kehadiran APRSI sebagai bentuk kontribusi nyata hadirnya para psikolog untuk mengatasi berbagai problem kesehatan mental dalam konteks layanan kesehatan yang lebih berkualitas dan mudah diakses,” ucap Dian.

Dian berharap adanya peningkatan dan pengembangan kompetensi para psikolog yang bekerja di ranah kesehatan masyarakat di masa depan. Hal ini sebagai bentuk nyata praktik pelayanan psikologi dalam menunjang terwujudnya kesehatan mental bangsa Indonesia.

Kegiatan Deklarasi yang dihadiri anggota APRSI dan pimpinan FPsi Untar mencakup pengukuhan ketua APRSI pertama, pelantikan pengurus Asosiasi Psikolog Rumah Sakit Indonesia (APRSI) Periode Tahun 2023- 2027 oleh Ketua Umum PP HIMPSI Dr. Andik Matulessy, M.Si., Psikolog, dan Seminar dengan tema “Profesionalisme dan Peran Psikolog di Rumah Sakit”.

Menanggapi terbentuknya asosiasi ini, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU, ASEAN Eng. mengucapkan selamat seraya menilai pentingnya APRSI untuk memberikan wadah bagi profesional untuk terus dapat mengembangkan diri, berbagi informasi dan pengetahuan, serta memberikan standar mutu layanan bagi pasien dan tentu saja advokasi bagi para anggota.

“Kami berharap APRSI yang didirikan di Untar ini dapat berkembang menjadi asosiasi profesi yang profesional dan memberikan layanan terbaik bagi semua pemangku kepentingan,” pungkasnya. (AW/YS/KJ)

Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024