Pilih Laman
Kualitas Pendidikan Tinggi Untar Dukung Pembangunan Berkelanjutan

11 November 2023

Oleh: Admin

Peran pendidikan sebagai tumpuan pemerintah untuk mendorong pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan berkelanjutan di era Sustainable Development Goals (SDG’s), mendorong Untar memberikan layanan pendidikan tinggi berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., AE. dalam Wisuda ke-82 Untar di Jakarta Convention Center, Sabtu (10/11).

“Untar menyediakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, inklusif, dan anti terhadap kekerasan agar proses pembelajaran yang berlangsung dapat menjadi efektif bagi seluruh sivitas akademika Untar,” ujarnya.

Rektor berharap para lulusan dapat membawa nama baik Untar di tingkat nasional maupun internasional, selaras dengan tagline Untar yang semula berkiprah untuk Indonesia, ditambahkan dengan Untar untuk Dunia, sejak 1 Oktober lalu.

Mengangkat tema “Untar untuk Indonesia dan Dunia: Penyelenggaraan Pendidikan Berkualitas Mendukung Pencapaian SDGs” pada wisuda ke-82 ini meluluskan 1.240 wisudawan, terdiri dari 771 lulusan program sarjana, dan 469 lulusan program Magister dan Doktor.

Turut hadir Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah III (LLDikti III) Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. dan Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc.

Rektor Undana dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat bagi seluruh wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan studinya dengan baik. “Semoga keahlian dan kompetensi yang kalian miliki dapat bermanfaat bagi masyarakat sesuai tagline Untar untuk Indonesia. Saya melihat sendiri bahwa Untar adalah perguruan tinggi yang sangat baik,” ungkapnya.

Kepala LLDikti III mengapresiasi keaktifan Untar dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan aktif dalam penyelenggaraan program pendidikan guna mendukung pencapaian SDGs.

“Hal tersebut merupakan komitmen Untar untuk turut serta berkontribusi mencapai SDGs, salah satunya dengan ditunjukkan melalui prestasi yang diraih yaitu perolehan QS rating bintang empat,” ujarnya.

Untar baru saja menerima penghargaan 4-Star dari Quacquarelli Symonds (QS) Rating yang diserahkan dalam acara QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia. Penilaian rating didapat dari beberapa indikator yaitu pengajaran, internasionalisasi, fasilitas, kesenian dan kebudayaan, kesiapan kerja alumni, pengembangan akademik, akuntansi dan keuangan, serta keterbukaan/inklusivitas. Untar mendapat penilaian tertinggi atau rating bintang lima dalam kategori kesiapan kerja alumni (employability) dan keterbukaan/inklusivitas (inclusiveness).

Dalam acara wisuda ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Untar, Undana, dan Yayasan Pendidikan GPBI Ora et Labora Sungailiat dalam rangka berkolaborasi membangun kerja sama untuk mendukung pendidikan yang berkualitas melalui implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). (DN/YS/PA/KJ)

 

Baca Berita Terkait

 

Jakarta Review
Gelar Wisuda ke-82, Untar Luluskan 1240 Wisudawan dari Program Sarjana, Magister Hingga Doktoral

RRI.co.id
Prof. Toni: Lulusan Untar Bisa Jadi Agen Perubahan

MNC Trijaya
Wisuda Untar Ke 82, LLDikti 3: Pendidikan Jadi Dasar Pembangunan Berkelanjutan

Menara62.com
Siap Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Untar Wisuda 1.240 Sarjana

Media Indonesia
Wisuda 1.240 Mahasiswa, Untar Dukung Pembangunan Berkelanjutan

El John News
Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Untar Dorong Alumni Terus Berprestasi di Tingkat Nasional dan Internasional

Tribun News
Rektor Untar: Lingkungan Kampus Bebas dari Kekerasan Hadirkan Pembelajaran Efektif

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week